Membangun Tatakelola Pelayanan Berbasis Data

“Membangun Tatakelola Pelayanan Berbasis Data” itulah cita-cita besar yang terus digaungkan oleh Keuskupan Agung Semarang. 

Guna menggapai serta mewujudnyatakan cita-cita itu tentu sebagai langkah awal yang mesti dimulai adalah pembenahan database umat. Terkait dengan cita-cita besar Keuskupan itulah, mengawali reksa pastoral paroki maka Tim Pelayanan Penelitian dan Pengembangan Dewan Pastoral Paroki St. Alfonsus de Liguori Nandan pada hari Minggu, 17 Januari 2021 menyelenggarakan pelatihan pendataan umat paroki.

                                      
Suasana pelatihan pendataan umat
melalui aplikasi Zoom bersama Romo Dony

Pada pelatihan ini hadir sebagai narasumber utama yakni romo Dony Widiyarso. – yang hadir serta memberikan materi melalui “zoom meeting”. Acara yang mengambil tempat di Joglo Antonio Paroki Nandan diikuti oleh 25 orang peserta sebagai utusan dari 22 lingkungan di paroki Nandan. Kegiatan ini berlangsung mulai dari pukul 10.00 – 12.30 dan terpilah dalam dua acara pokok.

  • Pada bagian pertama, romo Dony menyampaikan arahan dasar terkait tujuan, misi, hal-hal yg ada terkait dengan pendataan umat. Secara ringkas beliau menyampaikan bahwa proses pendataan umat merupakan bagian penting dan mendasar dari pembangunan serta pengembangan ‘database’ umat. ‘Database’ ini amat berguna untuk kebijakan pastoral paroki dan keuskupan.

  • Pada bagian kedua, setelah diberi arahan oleh Rm Donny, peserta diajak untuk membuka website dan mencoba untuk melakukan input data umat per masing-masing lingkungan yang dipandu oleh Pak Agung selaku Ketua Bidang Litbang, Pak Aji selaku Sekretariat Paroki Nandan, dan juga Pak Thomas selaku Wakil Ketua Dewan Pastoral Paroki

Tampilan website Data Umat Keuskupan Agung Semarang

Di akhir kegiatan pelatihan, sekaligus menutup acara pelatihan – romo Dodit Haryono selaku pastor paroki St. Alfonsus de Liguori Nandan mengharapkan agar validasi dan pendataan umat bisa diselesaikan dengan segera; dan selanjutnya boleh menjadi landasan menentukan kebijakan pastoral paroki.

Salam sehat dan Berkah Dalem!

Penjelasan lebih lanjut mengenai penginputan data umat
oleh Pak Agung (kiri) dan Pak Thomas (kanan)

#TRM


Posting Komentar

0 Komentar