Profil Lingkungan St. Anna Jongkang Baru


PEMBUKAAN 
I.     Sejarah
Malam itu sehabis doa Rosario di rumah Bp. Yuventus Haryadi Plemburan, umat lingk. St. Anna Jongkang Baru membicarakan permasalahan seputar lingkungan dengan santai. Tepatnya tanggal dan bulan berapa, tidak ada yang mencatat peristiwa yang menjadi sejarah terbentuknya nama Santa Pelindung lingkungan Jongkang Baru, atau yang biasa disingkat  lingkungan Joba. Yang diingat oleh beberapa umat, Bpk Ketua Lingkungan saat itu adalah Bpk Yakobus Rujiyanto pada tahun 2008. Tercetuslah nama St. Anna dari mas Agung secara tidak sengaja, dan kemudian umat mulai mencari siapakah St. Anna tersebut. Terkesan dengan teladan St. Anna, ibunda Maria perawan yang telah melahirkan Yesus Tuhan kita, maka diputuskanlah St. Anna sebagai Santa Pelindung.

I.A.  Nama Pelindung yang dipilih dan alasannya
Telah Disepakati bersama, St. Anna sebagai Santa Pelindung umat lingkungan Jongkang Baru. Ada alasan tersendiri kenapa umat menjatuhkan pilihan kepada St. Anna. Berikut adalah riwayat dari St. Anna dan alasan mengapa umat memilih St. Anna :
Santa Anna adalah isteri Santo Yoakim dan ibu kandung dari Maria Bunda Yesus. Keluarga ini dikenal sebagai keturunan raja Daud yang setia menjalankan kewajiban agamanya serta dengan ikhlas mengasihi dan mengabdi Allah dan sesamanya. Oleh karena itu keduanya layak di hadapan Allah turut serta dalam karya keselamatan Allah. Santa Anna dihormati sebagai pelindung kaum ibu, khususnya yang sedang hamil dan sibuk mengurus keluarganya.
Santa Anna tak henti-hentinya berdoa memohon dan mengharapkan karunia Tuhan berupa seorang anak. Setiap tahun Anna dan Yohakim selalu berziarah ke Bait Allah Yerusalem untuk berdoa. Ia berjanji, kalau Tuhan menganugerahkan anak kepadanya, maka anak itu akan dipersembahkan kembali kepada Tuhan.

Suatu hari malaikat Tuhan mengunjungi Anna yang sudah lanjut usia itu membawa warta gembira : 
”Tuhan berkenan mendengarkan doa ibu bahwa ibu akan melahirkan seorang anak perempuan, yang akan membawa sukacita besar bagi seluruh dunia”

Setelah genap waktunya, lahirlah seorang anak wanita yang manis. Bayi ini diberi nama Maria, yang kelak akan mengandung putera Allah, Yesus Kristus, Juru Selamat Dunia. Bagi Anna, Maria lebih merupakan buah rahmat Allah daripada buah kodrat manusia. Kelahiran Maria menyemarakkan dan menyucikan kehidupan keluarganya
Umat Lingk. St. Anna Jongkang Baru yang masuk  wilayah St. Yosep utara, ingin meneladani St. Anna dalam ketaatan, cinta kasih, kesetiaan, kesabaran, pengabdian, ketekunan doa dan menularkan suka cita kepada sesama. Itulah mengapa St. Anna dipilih sebagai Santa pelindung lingkungan Jongkang Baru (JOBA), selain nama St. Anna singkat sehingga mudah diingat, juga karena Lingkungan  Jongkang baru sangat menghormati Bunda Maria.

    I.B.  Logo/Lambang Santa Pelindung
 Pada awalnya,  Logo/Lambang Santa Pelindung Santa Anna adalah gambar Santa Anna   beserta putrinya Maria, dg bingkai gambar padi disamping kanan dan kiri. Dalam perjalanan waktu, ada pembaharuan untuk logo/lambang tersebut. Umat diberikan beberapa alternatif logo/lambang, yang dikirim melalui sosial media (Whatsapps). Berdasarkan kesepakatan bersama, terpilihlah logo/lambang Santa Anna bersama suaminya Santo Yohakim dan putrinya Maria.



   I.C. Letak Geografis
Lingkungan St. Anna  Jongkang Baru terletak di utara Monumen Yogya Kembali, dan masuk dalam wilayah St. Yoseph Utara. Sebelah selatan berbatasan dengan Lingkungan Nandan, sebelah utara berbatasan dengan Lingkungan St. Antonius Padua Tegal Waras dan  St. Ignatius de Loyola Nglempongsari, sebelah Barat berbatasan dengan Lingkungan SP Maria Jongkang Lama, dan sebelah timur berbatasan dengan paroki Banteng. Lingkungan ini  terdiri dari 4 dusun yaitu :
ü  Dusun Perum Jongkang Baru + 21 kk
ü  Dusun Sedan + 6 kk
ü  Dusun Plemburan +4 kk
ü  Dusun Tegal Mojo + 2 kk


I.D. Peta Lingkungan


I.     
      II. Data Umat

Jumlah umat  lingkungan St. Anna Jongkang baru sebanyak 118 orang (33 KK), terdiri dari 62 laki-laki dan 56 perempuan.

II.A.  Rata-rata umur

         Jumlah Anggota keluarga berdasarkan usia dibagi sebagai berikut :
        
Usia
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
Dibawah 6 th
2
2
4
6 - 12 th
2
1
3
13-15 th
3
2
5
16-18 th
5
2
7
19-29 th
5
2
7
30-64 th
38
37
75
Lebih 65 th
7
10
17
Jumlah
62
56
118

Dari data diatas dapat diambil kesimpulan bahwa, rata-rata umur umat paling dominan diantara 30-64 th.



II.B. Jenis Pekerjaan
Pekerjaan
Jumlah
Ibu Rumah Tangga
14
Pekerja Rumah Tangga
2
Pekerja Sosial
3
Swasta
27
PNS
13
Pensiun
10
Perawat
3
Tenaga lepas/ serabutan
3
Dokter Gigi
2
Dokter umum
1
Pelajar
17
Mahasiswa
9
Balita
4
Kontraktor
1
Sedang mencari pekerjaan
2
Pedagang/ Usaha sedang
4
Pedagang/ Usaha besar
3
Total
118

Dari data diatas, mayoritas pekerjaan umat adalah Swasta, urutan kedua terbanyak adalah Pelajar, dan urutan ketiga adalah Ibu RumahTangga.

Grafik kategori Jenis Pekerjaan

Mayoritas pekerjaan  umat lingk. St. Anna Joba  adalah PNS .  Data Umat menunjukkan bahwa dari 33 kk tersebut terdiri dari 57 ortu, 10 anak-anak, 9 remaja, dan 15 OMK( sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa.) 7 kk di lingk. St. Anna Joba secara domisili tinggal di luar lingk. St. Anna Joba, namun masih ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan di Lingk. St. Anna Joba. Hal tersebut menunjukkan, betapa erat persaudaraan kami, sebagai saudara seiman.



VISI
ü  Bertekun dalam doa dan memuliakan Tuhan, dalam setiap pelayanan kasih.

MISI
ü  Menumbuhkembangkan iman anak-anak melalui kegiatan gereja
ü  Mendorong dan mendampingi kaum muda untuk terlibat dalam kegiatan iman.
ü  Meningkatkan iman melalui kegiatan gereja seperti pendalaman kitab suci minimal sebulan sekali.
ü  Aktif dan terlibat dalam kegiatan di paroki
ü  Bersinergi dengan masyarakat dilingkungan secara umum. ( termasuk dengan beda agama)


Denah lingk. St. Anna Jongkang Baru



KEGIATAN –KEGIATAN
ü  Pertemuan pengurus
Diadakan sebulan sekali, setiap malam Jumat I, bila tidak ada kegiatan dilingkungan.

ü  Misa Lingkungan
Misa lingkungan diadakan sesuai dengan jadwal dari Paroki. Sebelum Misa, biasanya diadakan kunjungan Romo ke umat, secara bergantian. Dalam kunjungan tersebut,  Romo didampingi oleh pengurus.

ü  Ibadat Tobat
Biasanya Ibadat Tobat diadakan sebelum Paskah dan Natal, sesuai jadwal dari Paroki.

ü  Doa Rosario
Diadakan  setiap bulan Mei dan Oktober. Khusus doa Rosario, umat lingk. St. Anna Joba sepakat utk tidak menyediakan makan atau minum, supaya tidak memberatkan umat, yang rumahnya dipakai utk doa Rosario. Doa Rosario diadakan 4x dalam seminggu. Pemandu dan tempat doa Rosario dijadwalkan secara bergantian, termasuk melibatkan OMK untuk memandu  doa Rosario. Biasanya di hari terakhir doa Rosario diadakan Ziarah ke Gua Maria, atau ditutup dengan doa syukur meriah ( dengan ibadat dan makan bersama). Pada hari terakhir doa, pengurus memberikan hadiah bagi umat yang rajin berdoa Rosario di lingk,yang tidak pernah absen(berangkat terus). Hal demikian untuk memotivasi umat supaya rajin berdoa. Namun hal tersebut dilakukan pada kepengurusan periode sebelumnya, dan semoga bisa dilanjutkan pada kepengurusan periode sekarang.

ü  Sembahyangan APP
Diadakan seminggu sekali, biasanya dihadiri bapak/ibu dan beberapa OMK, umat yang datang lebih sedikit daripada saat doa Rosario.

ü  Latihan Koor
Biasanya diadakan 2x dalam seminggu, setiap akan bertugas di Gereja. Karena umat yang datang sedikit, maka umat lingk. St. Anna Jongkang Baru bergabung dengan umat lingk. St. Perawan Maria Tak bercela Jongkang Lama. ( Umat dilingk. Jongkang lama juga sedikit yang datang latihan koor)

ü  Parkir
Parkir di Gereja dilakukan sesuai jadwal dari Paroki. Umat yang terlibat terdiri dari anak-anak, remaja. OMK, Bpk/Ibu. Sesuai inisiatif dari pengurus, khususnya ibu-ibu, setiap tugas parkir diberikan minum dan snack dari donator lingk. maupun diambil dari uang kas lingk.

ü  Mengunjungi Orang Sakit
Apabila ada umat atau keluarga umat yang sakit, umat bersama-sama mengunjungi dan mendoakanyang sakit, dan memberikan tali kasih berupa  bingkisan/uang hasil iuran umat yang datang, sebagai wujud nyata persaudaraan dan kasih antara sesama.

ü  Melayat Orang meninggal
Dilakukan secara bersama-sama seperti mengunjungi orang sakit.

ü  Arisan ibu-ibu lingkungan
Arisan tersebut diadakan sebulan sekali. Diawali dengan pendalaman iman, dilanjutkan dengan arisan dan membahas kegiatan-kegiatan lainnya.

ü  Baksos ( Bakti Sosial )

ü  Kunjungan/Anjangsana/Outbound /Rekreasi

SUSUNAN PENGURUS PERIODE 2014-2017
Ketua                                                              :   L. H. Hari Wardana

Sekretaris I                                                      :   Y. Haryadi
Sekretaris II                                                    :   Ag. Suherni

Bendahara I                                                    :   Y. Dwi Hatmini
Bendahara II                                                   :   I. Dyah K

Tim Liturgi                                                      :   Regina Tjiptoningrum
                                                                        :   Y.B. Hendar Klestono

Tim Kerja Pewartaan                                      :   Y. B. Harsono
                                                                        :   O. S. Imam

Tim Koor                                                         :   R. Kriswandari
                                                                        :   Ch. Heni T.

Tim Pendampingan OMK                               :   A.L. Heru S.
                                                                        :   Y. Rudjianto

Tim Sosial dan Pendampingan Keluarga        :   M.L. Sofiatmi Seto
                                                                        :   I.M. Sunarsih Sutaryo

Tim RPL                                                         :   P.C. Mudjiran

                                                                        :   Ag. Minuk W.
                                                                        :   R. Rusmini

Humas                                                             :   Y. Suhadi

Ketua RWK                                                    :   B. Dwi Lestari Teguh

Sekretaris RWK                                              :   M. Rulia Togatorop

Bendahara RWK                                            :   V. Sumaryati


FOTO-FOTO KEGIATAN  LINGK. ST. ANNA

Misa Lingkungan di rumah Ibu Seto

Misa Lingkungan di rumah Ibu Seto


Mengunjungi Ibu Ignasia Kartini (ibu Bp. YH. Haryadi) 
Mengunjungi Mas Tito setelah operasi ( adik b. Ningrum)
Kunjungan Romo di rumah Kel. Bp. Aditya
Kunjungan Romo di rumah Kel. Bp. Ant. Widodo
Kegiatan Outbound
Kegiatan Outbound

Posting Komentar

0 Komentar