Misa Lingkungan St. Demetrius

Pukul 18.30 Umat telah berkumpul, melaksanakan kegiatan pertemuan rutin bulanan,antara lain, Arisan, penyetoran uang Pangrukti Laya, dan bincang – bincang lain. Jumlah umat yang hadir kurang lebih 50 orang, Bapak, Ibu, Remaja dan Anak-anak. Hadir pula seorang Suster Vicenca dari Ordo Maria Berduka Cita di Roma yang sedang berlibur. Atas ajakkan bu Lily Kianto
Pukul 18.50 romo hadir di tengah tengah umat. Misa segera dimulai

Dalam rangkaian misa, diselenggarakan pula Penerimaan Katekumen tahap 1untuk  Bpk Jiman Ali sebagai calon baptis. Semoga Bapak Jiman Ali tetap teguh pendirian imannya akan mengikuti Kristus



Penerimaan Katekumen Tahap 1

Homili yang Mengesankan
Imitatio Christi = Mengikuti Jejak Kristus

Dari Homili Rm Kriswanta, umat mendapatkan pengalaman batin. Semoga menjadi kerinduan. Banyak keinginan untuk mengikuti jejak Kristus, tetapi sejauh mana yang telah diperbuat. Keinginan menumpuk di kepala, sementara perbuatan ada dalam hati. Leher menjadi pemisah dan penghubung antara hati dan kepala. Seberapa banyak leher diperankan sebagai penghubung yang positip, sehingga hati bergerak untuk melakukan perbuatan untuk mengikuti jejak Kristus.

Karena perbuatan itulah akan ditemukan pengalaman batin dan menjadikan kerinduan akan Kristus.
Umat diajak untuk merenungkan pribadi Yesus Kristus. Jangan hanya memikirkan, karena melalui perenungan akan menemukan sensasi-sensasi kerinduan. Menemukan sensasi kerinduan akan Yesus dapat melalui, membaca, Kitab Suci, melalui Sakramen Ekaristi, mendengarkan bacaan Kitab Suci, dll.

Sejauh mana kerinduannya pada kitab suci ? Membaca kitab suci sebaiknya lepaskan dulu rasa kingintahuan isi dan maknanya. Tetapi pilih saja bagian mana yang paling mengesankan. Entah itu berupa kata atau kalimat yang bisa nyetrum hati. Dengan setrum itulah timbul kerinduan.

Mungkin adanya keinginan membaca kitab suci, munculah pertanyaan pertanyaan dari umat, diantaranya:
1. Apa resepnya untuk membeca Kitab Suci ?
2. Dari mana memulai baca kitab suci ?

Itulah baru sampai pada batas keinginan untuk membaca Kitab Suci, namun pelaksanaan selalu tertunda tunda, karena saking banyaknya kinginan untuk mengetahui isi dan makna.
Resepnya gampang saja.membaca KItab Suci dapat dimulai dari mana saja,
Cari ayat yang memikat. Baca saja . lalu ingat yang baik baik

Targetkan dalam satu hari mampu berapa perikop. Apa yang bisa tersimpan dalam hati. Tidak perlu ditarget waktu.
Hidup Yesus tidak hanya dalam Kitab Suci.
Keinginan yang dilaksanakan akan menjadi pengalaman. Lalu dibatinkan. Hidup itu akan bernilai jika banyak yang dilakukan.



Misa berakhir kurang lebih pada puku; 20.35 an
Trimakasih Romo atas inspirasi batinnya pada umat. Semoga menjadi pemicu kerinduan akan pribadi Yesus Kristus. (Kaling St. Demetrius, 7-2015)
Share on Google Plus

About Paroki Nandan

0 komentar:

Posting Komentar