PS Vokalfonsia Di Kapel St. Petrus Dan Paulus Kerug

Masih kurang sekitar dua kilometer, namun bangunan sederhana ber warna putih di atas bukit itu sudah nampak jelas, tegar menantang langit.

Itulah kapel St. Petrus dan Paulus Kerug. Berdiri kokoh di lereng bukit yang tinggi, pinggir jalan menuju bukit Suroloyo, ujung utara barisan pegunungan menoreh. Menurut pemerintahan, Kerug, termasuk wilayah Kalurahan Majaksini, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Namun secara keparokian masih dalam wilayah paroki Promasan.

Di pagi yang cerah hari Minggu tanggal 20 Desember 2015, kami rombongan Paduan Suara (PS) Vokalfonsia Paroki St. Alfonsus, Nandan, beserta keluarga sebanyak 30 orang, dengan kendaraan 5 mobil kami menelusuri jalan berliku, lembah yang curam, jalan yang terjal menanjak menuju Kapel Kerug.

Hari itu di kapel Kerug diselenggarakan Missa Syukur peringatan pemberkatan gereja Kapel St. Petrus dan Paulus Kerug. 31 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 14 Desember 1984, gereja kapel St. Petrus dan Paulus Kerug, diresmikan dan diberkati Mgr. Yulius Darmaatmaja, uskup Agung Semarang. Missa syukur juga sebagai tanda mengawali Peringatan Catur Windu (32 tahun) atau dalam hitungan Jawa disebut “ Tumbuk Alit “

Hubungan yang akrab antara umat dan pengurus Kapel Kerug dengan PS. Vokalfonsia sudah terjalin sejak tiga tahun yang lalu.

Diawali ketika Mas Yudi, warga umat Kerug menjadi karyawan di Gereja St. Alfonsus, Nandan. Cerita tentang Kerug yang terpencil tinggi di bukit serta keadaan masyarakat sekitarnya diperoleh dari Mas Yudi. Sedang Mbak Evi selaku ketua PS. Vokalfonsia pada waktu itu ingin mencoba mengembangkan pelayanan dan aksi sosial di Kerug.

Keinginan itu terlaksana pada bulan Oktober 2013, PS. Vokalfonsia melaksanakan tugas koor mengiringi Missa di Kapel Kerug. Selain menyemangati dan memotivasi umat di Kerug dengan menyanyi sebaikbaiknya juga memberikan sumbangan berupa berbagai barang bekas, pakaian pantas pakai dan sembako untuk disumbangkan masyarakat sekitar kapel Kerug. Selain itu bagi anggota PS. Vokalfonsia kunjungan ke Kerug menjadi acara rekreasi yang sangat menyenangkan, di bukit yang tinggi udara dingin alam yang sejuk asri penuh pohon besar tingi semarak hijau menyegarkan.

Missa syukur hari Minggu tanggal 20 Desember 2015 dipimpin oleh Romo Vincentius Mujiono Kartosudarmo, Pr., biasa dipanggil Romo Karto. Pada tahun 1982 – 1986 Romo Karto bertugas di Paroki Promasan, beliaulah pencetus gagasan awal mula berdirinya kapel Kerug. Sebagai pengantar mengawali Missa, Romo Karto menceritakan bagaimana suka duka tugas di paroki Promasan pada masa itu.

Meskipun keadaan alam masih sangat rawan gunung dan lembah di tempuh dengan jalan kaki, terlebih licin dan berlumpur pada waktu musim hujan. Keadaan demikian tidak mengendorkan semangat untuk rajin melayani misa di berbagai tempat di wilayah paroki Promasan termasuk di wilayah bukit Kerug.

Pada Tahun 1982 setiap kali Missa di Kerug, diselenggarakan di sekolahan, SD Kanisius Kerug, tentu saja tempat, suasana tidak leluasa dan nyaman untuk missa, Keadaan ini menjadi keprihatinan bagi Romo Karto, dengan penuh ketekunan dan kesabaran Rm Karto mengajak umat menabung dan terus mendorong segera mewujudkan sebuah kapel dan. akhirnya dengan berbagai usaha yang tak mengenal lelah terwujudlah kapel Kerug.

PS. Vokalfonsia sungguh merasa bersyukur dan bergembira mendapat kesempatan menghadiri bahkan ikut bernyanyi bersama umat memeriahkan Missa syukur ulang tahun pemberkatan Kapel Kerug tersebut. Latihan bersama kelompok umat yang sering koor mengiringi missa di kapel Kerug dengan PS.Vokalfonsia dilakukan dua hari Sabtu sebelumnya, dilatih oleh Pak Whe (Bpk. B.Ngudi Waluya/dirigen PS.Vokalfonsia).

Sehingga dapat mempersembahkan lagu yang padu, merdu dan syahdu mengiringi missa khusuk penuh syukur.
Sebagai hadiah kado yang sangat mengesan bagi umat di Kerug adalah persembahan lagu hymne untuk umat di Kerug yang diciptakan Bpk. Linus Putut Pudyantoro yang pertama kali dinyanyikan dengan judul “ Sumarah Samya “

Selesai missa dilanjutkan sambutan antara lain oleh Bpk. Purwosutirto selaku pengurus danBpk. Purwosutirto sesepuh umat di Kerug, dilanjutkan pesta umat, nasi pincuk sayur lompong, murah meriah serta bazaar yang bahannya, pakaian pantas pakai, sembako dan lainnya yang dikumpulkan para anggota PS. Vokalfonsia jauh hari sebelumnya.

Semoga dengan peringatan pemberkatan Kapel Kerug tersebut, umat di wilayah Kerug dengan perlindungan St. Petrus dan Paulus, semakin beriman yang “ tanggap, tangguh dan tanggon” sesuai tema yang dicanangkan :“ Membangun Iman Katholik sekuat Karang Padas “

A. Paryadi
Humas PS.Vokalfonsia

Posting Komentar

0 Komentar