Penyegaran Liturgi Bersama Romo J. Kristanto, Pr.


Bidang liturgi Paroki pada Senin 14 Desember 2015 bertempat di Joglo Antonio mengadakan Penyegaran Liturgi. Kegiatan ini dihadiri oleh koordinator liturgi dari lingkungan-lingkungan dan perwakilan-perwakilan tim kerja liturgi (koor, lektor, pemasmur, Putra Altar, tata altar, organis, dan prodiakon). Dalam pertemuan ini hadir sebagai narasumber, Romo J. Kristanto, Pr. Beliau adalah Romo Rektor Seminari Tinggi, Kentungan, Yogyakarta.

Romo Kristanto memaparkan bahwa lingkaran liturgi dalam satu tahun merupakan cerminan kehidupan manusia, meliputi kelahiran, sukacita, kesedihan, dan kebangkitan.

Galery foto klik disini

Sedangkan Ekaristi merupakan proses “dialogis” antara Allah dengan manusia. Sehingga liturgi dalam ekaristi merupakan perjumpaan Allah dengan manusia. Misalnya dalam liturgi sabda, Allah bersabda melalui bacaan-bacaan, kemudian kita sebagai manusia menanggapinya lewat Masmur tanggapan, doa Aku Percaya, dan doa umat.

Dalam kesempatan ini, Romo juga menjelaskan beberapa penggunaan lagu dalam misa dan beberapa teknik/ cara dalam menyanyikan lagu dalam koor.

Umat yang hadir dalam kegiatan ini merasa senang, karena mendapat beberapa pemahaman baru dalam liturgi, banyak umat berharap kegiatan ini dapat diadakan kembali pada tahun mendatang. (M emy)

Posting Komentar

0 Komentar