SANTA ANNA

PELINDUNG KAUM IBU PELINDUNG IBU HAMIL.  
Oleh Anthony Henriquez. 

Setiap tanggal 26 Juli kita merayakan pesta Santa Anna dan Santo Yoakim. Santa Anna adalah ibu dari Bunda Maria. Santa Anna dan Santo Yoakim orang tua Bunda Maria adalah keturunan raja Daud berarti berdarah biru,keturunan bangsawan. Hebatkan ! Tetapi Anna tidak sombong,sangat rendah hati,mengasihi sesama dan mengabdi kepada Allah. 

Sebagai pasangan suami isteri Anna dan Yoakim sangat merindukan keturunan. Oleh orang Yahudi ini pertanda bahwa keadaan diri mereka yang tidak dapat memperoleh keturunan sebagai hukuman Allah atas diri mereka. 

Memperoleh keturunan adalah Karunia Allah bagi semua orang termasuk Anna dan Yoakim ,oleh karena itu mereka berdua tidak henti-hentinya berdoa agar Allah dapat memberi seorang anak walau mereka sudah lanjut usia. Kebahagiaan keluarga akan menjadi lengkap kalau memiliki keturunan . 

Mereka berjanji,kalau Allah menganugerahkan anak kepada mereka , anak tersebut akan dipersembahkan kembali kepada Allah . 

“ Deus Caritas Est “ .Allah adalah Kasih. Akhirnya doa Anna dikabulkan oleh Allah. Karena begitu besar kasih Allah ,pada suatu hari yang tak terduga malaikat Allah mengunjungi Anna yang sudah lanjut usia dan membawa khabar gembira : 

” Allah berkenan mendengar doa Ibu ! Ibu akan melahirkan seorang anak perempuan,yang akan membawa suka cita besar bagi seluruh dunia.” 

Anna sangat kaget , sangat gembira , sangat bahagia dan langsung menyampaikan berita ini kepada Yoakim suaminya. Yoakim pun kaget dan gembira. Anna hamil ! Dan pada hari yang dinanti-nantikan lahirlah seorang bayi mungil,yang sangat manis,sangat cantik,sangat cute dan diberi nama : “ MARIA “ ,yang kelak akan mengandung PUTERA ALLAH yaitu YESUS KRISTUS , SANG JURU SELAMAT DUNIA. Bagi Anna ,Maria merupahkan Rahmat Allah daripada kodrat manusia.Maria akan mendapatkan tempat yang sangat istimewa sebagai wanita paling kudus diantara segala wanita dan BUNDA GEREJA. 

Santa Anna,Bunda Maria,Santo Yoakim
Santa Anna juga sangat dihormati sebagai Pelindung Kaum Ibu dan Ibu Hamil. Bagi para ibu yang belum dikarunia anak dan para Ibu muda yang belum mempunyai anak berdoalah pada Santa Anna agar dengan perantara Santa Anna pada Jesus dan Bunda Maria agar dapat memperoleh keturunan, dan bagi para ibu hamil dapat melahirkan dengan selamat dan memperoleh anak sebagai karunia Allah. 

Banyak sekali para orang tua diseluruh dunia memberi nama kepada putera-puteri mereka nama Baptis dengan nama Anna dan Yoakim sebagai Santa dan Santo Pelindung bagi putera-puteri mereka. 

Pada tahun 550 orang Yunani mendirikan Basilika di Konstantinopel Ibu Kota Kekaisaran Bizantium untuk menghormati Santa Anna.Paus Gregorius XIII (1572-1585) menggalakan penghormatan kepada Santa Anna diseluruh Gereja pada tahun 1584. 

Kultus publik kepada Santa Anna diperkenalkan kedalam Gereja Barat di abad ke-8.Pada tahun 1378,hari raya Santa Anna dirayakan untuk pertama kalinya pada tanggal 26 Juli di Inggris,dan kemudian di seluruh Gereja Barat.Pengabdian kepada Santa Anna menyebar dengan cepat dimana-mana di Barat. 

Pengabdian untuk Santa Anna dibawa ke Amerika Serikat dan Kanada sejak tahun1670 dengan misionaris pertama Amerika Utara yang berasal dari Perancis. Sampai dengan hari ini gereja dengan nama Pelindung Santa Anna telah memiliki ratusan gereja dan kuil-kuil yang didedikasikan untuk Santa Anna di Amerika Serikat dan Kanada,dimana Santa Anna adalah salah satu orang kudus yang paling populer dan dicintai,sehingga Santa Anna dihormati sebagai Pelindung Resmi Propinsi QUEBEC di Kanada ,termasuk juga PELINDUNG di Lingkungan Santa Anna Jongkang Baru Paroki Santo Alfonsus de Liquori Nandan,Sleman,Yogyakarta

Nama Yoakim dan Anna sangat sesuai dengan maksud Allah. YOAKIM berarti : ” PERSIAPAN bagi TUHAN “ ,sedangkan ANNA berarti : “ RAHMAT atau KARUNIA “

Santo Yoakim,Bunda Maria,dan Santa Anna
Doa Kepada Santa Anna 
Dari Enchiridion Indulgentiarum (1950), Inggris ed. (Benziger Bros., 1957), 494. 

Dengan hati yang paling dalam dan penuh penghormatan paling tulus, saya bersujud kepadamu, hai mulia Santa Anna. Engkau yang diberi hak istimewa dan kegembiraan, yang oleh kebajikan luar biasa dan kekudusan kebaikan dari Allah Yang Maha Tinggi memberikan kehidupan kepadamu yang merupakan karunia dari semua rahmat, diberkati di antara perempuan, Ibunda dari Maria Yang Paling Suci diantara segala wanita dan mendapat hak istimewa, Engkau berkenan, santa yang penuh kasih , untuk menerima permohonan dan doa dengan PerantaraanMu kepada Jesus dan Bunda Maria dan ingin berbakti kepada Allah dan gereja, dan saya ingin tetap memuliakan Allah sepanjang hidup saya. 

Saya mohon perlindungan dariMu dan memperoleh bagi saya dari Allah kekuatan untuk meniru kebajikan yang telah engkau begitu deras menghiasi .Saya mohon agar mendapatkan bagi saya anugerah cinta yang paling aktif untuk Yesus dan Maria, dan untuk memenuhi tugas saya selama hidup dengan kesetiaan dan keteguhan. Selamatkanlah saya dari setiap bahaya yang dihadapi dalam hidup, dan membantu pada jam kematian, agar dapat diselamatkan bersama Allah di Surga,bersama Engkau berseru Ibu yang paling bahagia , memuji Firman Allah yang menjadi Manusia dalam rahim puteri yang paling murni , Perawan Maria. Amin. 

Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan, tiga kali. 


ANTHONY HENRIQUEZ, 
Koordinator PPL Wilayah Utara, 
Paroki Santo Alfonsus de Ligouri Nandan. 
Email:de.bapatoni@gmail.com, 
HP:0813 2686 9127

Posting Komentar

0 Komentar