INA MARIA

INA MARIA  INA ATA SARE
INA MARIA INA PETEN KAME
BUNDA MARIA BUNDA PENUH KASIH
BUNDA MARIA SAYANGILAH KAMI

Oleh : Anthony Henriquez


Memasuki Bulan Oktober Bulan Maria seluruh kaum Nasrani melaksanakan Doa Rosario untuk Penghormatan kepada Bunda Maria ,Bunda Allah ,Ibu Jesus dan Bunda kita semua ,Bunda Rahmat Ilahi , Ratu Surga dan Dunia ,Ratu Para Malaikat,Ratu Para Orang Kudus,Ratu Para Imam ,Bunga Mawar Yang Gaib,Bunda Penuh Rahmat,Bunda Pengasih ,Bunda Penolong Abadi.Dan masih banyak lagi julukan kepada Bunda Maria yang sangat kita cintai.

Tanggal 30 September 2016 sore tepatnya jam 17:30 Paroki Santo Alfonsus de Liquori Nandan,Yogyakarta melaksanakan Misa Pembukaan dan Doa Rosario untuk memulai sepanjang Bulan Oktober  satu bulan penuh untuk menghormati Bunda Maria.

Doa dan Penghormatan kepada Bunda Maria juga  dilakukan bagi umat di NTT khususnya di Pulau Flores dan lebih khusus lagi di Kota Larantuka-Flores Timur ,kota Reinha Rosary ,Larantuka kota Pelindung Bunda Maria . Bulan Oktober sangat spesial bagi umat di Flores Timur. Mengapa Spesial ? Karena Agama Katholik masuk Pertama kali di Indonesia adalah di Kota Larantuka,dibawa oleh bangsa Portugis.

Sejak kedatangan orang-orang Portugis pertama di Indonesia yaitu di kota Larantuka tahun 1510,dari situlah Agama Katholik mulai berkembang ke seluruh Tanah Air di  Indonesia.

Orang Larantuka mulai mengenal yang namanya : “ ROSARIO ” ,mereka melihat orang-orang Portugis kalau berdoa memakai ROSARIO,ke Gereja mesti bawa ROSARIO , kalau bertugas atau kemana saja dimana saja orang-orang Portugis memakai dan menggantungkan ROSARIO di leher atau disimpan dikantong celana baik Senor maupun Senorita baik Pria maupun wanita dalam bahasa Portugis.Dan kalau berdoa atau Misa di Gereja digunakan bahasa Portugis. Sampai sekarang kalau orang-orang tua masih banyak yang menggunakan bahasa Porto atau Portugis,dan Khusus pada Jumat Agung pada Masa Paskah pada Perarakan Tuan Ana (JESUS) dan Tuan Ma ( Bunda Maria)  masih menggunakan bahasa Portugis.

“ INA MARIA  “ adalah BUNDA MARIA , Lagu “ Ina Maria “ ,kalau anda datang ke NTT pada bulan Oktober ini,pasti anda akan mendengar setiap pagi pada misa harian dan malam hari pada Doa Rosario disetiap lingkungan. Lagu Ina Maria sangat popular, sangat indah,sangat istimewa,sangat syaduh ,dan bergemah sampai kedalam lubuk hati yang paling dalam bagi umat disana yang sangat-sangat menghormati dan menyayangi Bunda Maria seperti kita juga umat di Paroki  Alfonsus  de Liguori Nandan menyayangi Bunda Maria.

“ Ina Maria Ina Ata Sare ,Ina Maria Ina Peten Kame  “ 
artinya 
“ Bunda Maria Bunda Penuh Kasih,Bunda Maria Sayangilah Kami  “,

“ Ina Maria Ina Peten Kami AnaMu he.”, 
“Bunda Maria Sayangilah Kami  AnakMu.”

Bunda Maria memang sangat spesial Bunda yang Tak Bercela diantara segala wanita,Bunda segala Bangsa dan Kuasa yang diberikan Allah pada Bunda Maria begitu Mulia.
Bunda Perantara pada Allah ,Bunda Pengasih dan Penolong Abadi.

Ada satu cerita boleh dipercaya boleh tidak boleh diresap boleh tidak ,ini hanya guyonan gurauan ,begini ceritanya : 

“ Ada kawan saya pada tahun 70’an di Flores di bulan Oktober juga,ketika selesai Doa Rosario pada Penutupan Bulan Maria tanggal 31 Oktober,dan biasanya  di Flores Pesta Besar  pada Penutupan Doa Rosario ,ini sudah menjadi Tradisi sampai sekarang.Pada acara rama-tama teman saya bertanya pada Romo sambil gurau,Romo…saya ingin cerita dan mohon Romo tanggapi. 

Romo katakan  silakan Bapa Tua..saya siap mendengarkan,”Kata Romo “. Begini Romo…Pada sekali peristiwa terjadi di Surga,Jesus sangat kaget karena ada 3 orang,satu dari Belanda ,satu dari India dan satu dari Flores tiba-tiba bisa lolos dan masuk kedalam surga ,ini belum ada catatan ditangan SAYA begitu kata Jesus , grrrr….semua orang tertawa….Romopun terbahak-bahak ,terus kawan saya ini melanjutkan ceritanya ,kemudian Jesus memanggil Santo Petrus ,Petrus kemari ! Baik Jesus,”Kata Petrus “. Petrus sangat takut dan gemetaran,Petrus sudah tahu  apa yang nanti akan ditanyakan padanya.

Matilah aku,apa yang akan saya katakan dalam hati Petrus ,gawat nih….Petrus mengapa ke 3 orang itu dari Belanda,India dan Flores engkau masukan kedalam surga padahal ke 3 orang itu belum ada dalam catatan SAYA : “ kata JESUS “ ??. Sambil melirik kepada Bunda Maria,Petrus katakan yang suruh masuk itu Bunda Maria,saya tidak bisa melarang Jesus. Apa yang terjadi ,setelah mendengar jawaban Petrus , JESUS tersenyum dan katakan pada Petrus yah….sudah baiklah …kembalilah bekerja Petrus.Terima kasih Jesus jawab Petrus  yaa …syukur aku tidak dapat marah…”. Grrrrr…..semua yang ada termasuk Romo tertawa terpingkal-pingkal.
Hanya kawanku ingin  tanggapan dari Romo, apa  jawab Romo  : “ EMBER “ Emang Benar .
Imanmu yang akan menjawab sendiri.begitu kata Romo.Semua yang ada tepuk tangan,dan Ketua lingkungan sambil bercanda pada Romo ,Bapa Tua itu tidak pernah Berdoa Rosario Romo ,Grrrr…..lagi.

Begitulah cerita diatas sering kita mendengar, kadang kita sharing di Lingkungan dan di dalam Pendalam Iman juga di Gereja  ,kita  membagi pengalaman iman,pengalaman hidup ,membagi suka dan duka dalam hidup di dunia , dengan demikian kita akan menemukan kebahagian yang abadi di Surga. Bunda Maria sebagai Pengantara kita pada Jesus anakNya dan pada Allah ,tidak akan tinggalkan kita sendiri kalau kita sering berdoa Rosario untuk mendapatkan Rahmat dari Bunda Maria.Bunda Penolong Abadi.

“ Ina Maria Ina Ata Sare ,Ina Maria Ina Peten Kame ,
Ina Maria Ina Peten Kame AnaMu he…”
“Bunda Maria Bunda Penuh Kasih,Bunda Maria Sayangilah Kami,
Bunda Maria Sayangilah Kami AnakMu “.

(Note:Lagu Ina Maria dapat di akses dari www.google.com/lagu ina maria).

Anthony Henriquez,MSc
Koordinator PPL wilayah Utara,
Paroki Santo Alfonsus de Liguori Nandan,
Email:de.bapatoni@gmail.com
HP:0813 2686 9127

Posting Komentar

0 Komentar