Berkunjung ke Rumah Romo Bayu



Sudah dijadwalkan oleh Dewan Paroki, bahwa pada hari Rabu sore (22/02/2017) akan mengadakan kunjungan ke tempat tinggal romo Bayu yang ada di kampung Badran, Bumijo, Jetis, Yogyakarta.

Pukul 17.00 wib rombongan yang akan berangkat sudah berkumpul di pasturan, dan dengan menggunakan 3 kendaraan roda empat, rombongan berangkat bersama-sama. Karena sore itu jalan sedang padat terutama jalan Magelang, maka di putuskan untuk melewati jalan Monjali.

Tiba di rumah romo Bayu, rombongan di sambut oleh orang tua romo Bayu, bapak-ibu Bambang.  Dalam kunjungan ini, Romo Antonius Dodit Haryono, Pr memperkenalkan satu persatu Dewan Paroki Nandan kepada bapak-ibu Bambang.

Bapak Bambang berkisah asal usul kampung Badran, pada zaman dahulu Badran merupakan pemakaman China atau bong China. Pada perkembangannya makam China tersebut dibongkar dan dijadikan kawasan pemukiman. 

Bagi warga China yang mampu, abu leluhur mereka yang berada di Makam China Badran dipindahkan ke Makam China Gunung Sempu. Sedangkan bagi warga China yang tidak mampu, abu leluhur mereka dilarung ke laut atau disimpan saja abunya di dalam rumah. 

Pada kisaran tahun 1950an, kawasan Badran mulai dihuni oleh penduduk dan menjadi sebuah pemukiman atau kampung baru. 

Tanpa terasa waktu sudah menunjukkan pukul 19.00 wib, akhirnya Romo Dodit mohon pamit untuk kembali ke Gereja Paroki Nandan.#denblangkon


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Video kunjungan dan perjalanan dari gereja ke rumah romo Bayu ada di sini
    https://www.youtube.com/watch?v=7ihW5AqGTw8

    BalasHapus