Konspirasi batin Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, 3 Juni 2018 "Bersiap menyambut"


Konspirasi Batin. Tubuh dan darah Kristus yang kamu santap setiap kali merayakan Ekaristi adalah kulminasi seluruh diri, cinta kasih, dan pengorbanan Kristus buatmu. Itu bukan hanya simbol. Kamu bukan hanya menyaksikan dan merenungkan cinta kasih dan pengorbanan Kristus, namun Kristus sendiri dengan keagungan kasihNya berkenan masuk dan berdiang dalam tubuhmu yang fana dan hina.

Maka, tidakkah kamu mau meluangkan sedikit waktu untuk bersiap menyambutNya seperti para murid? Betapa sering kamu menyambut cinta kasih seagung itu dengan pakaian compang-camping? Dengan hati yang masih berbalut cemar, dendam dan curiga? Dengan langkah yang tergesa masuk Gereja lantaran terlambat? Dengan mata yang menatap layar ponsel dan mulut yang tak henti berdecak sepanjang misa? Dengan sengaja duduk sejauh mungkin dari Altar agar lebih bebas-leluasa?

Bukankah seluruh hidupmu semestinya adalah sebuah persiapan pribadi menyambut Tuhan? Ia hadir dengan cinta kasih seagung itu, masuk lewat mulutmu yang kerap berucap kasar, berdusta dan menghakimi, lalu menyusuri lorong-lorong pembuluh darahmu dan meresapi seluruh jiwa-ragamu. Semua demi keselamatanmu. Adakah kamu bersiap untuk menyambutnya dengan bersih; dengan dandanan jiwa yang rapi dan busana hati yang pantas?

Mau ketemu gebetan yang belum tentu suka padamu saja kamu berdandan mati-matian. Mau ketemu Tuhan yang jelas-jelas mencintaimu kok kamu malah tampil lusuh dan seadanya saja..
Share on Google Plus

About Paroki Nandan

0 komentar:

Posting Komentar