Konspirasi batin Minggu, 2 September 2018 "Najis"

Konspirasi Batin. Yesus memang bilang bahwa yang membuat orang najis itu bukan yang masuk dalam tubuh, tapi yang keluar dari dirimu. Dan kamu bangga dengan ajaran ini; merasa bahwa ajaran Yesus ini lebih masuk akal dan lebih baik. Tapi, pernahkah kamu berpikir bahwa ajaran ini juga lebih sulit?

Bukankah kalau yang menajiskan itu sesuatu di luar dirimu -seperti makanan atau barang tertentu- kamu akan lebih mudah menghindarinya? Ada wujudnya, jelas terlihat dan teraba; tinggal menolaknya, maka jauhlah kamu dari kenajisan. Namun kalau pikiran jelek, dendam, kebencian, umpatan dan kemarahan, juga iri hati atau kebohongan spontan, bisakah kamu menghindarinya dengan mudah? Semua itu tak ada wujudnya dan bisa dengan gampang terlontar keluar. Hari ini. Hari ini saja; apakah kamu yakin bahwa semua pikiran, perkataan, dan perbuatanmu sudah baik? Yakin bahwa hari ini kamu tidak jatuh dalam kenajisan?

Ajaran Yesus justru memperlihatkan betapa mudahnya kamu jatuh dalam kenajisan, dan karena itu kamu harus selalu mohon rahmat Allah agar dimampukan untuk menjauhi kenajisan. Jangan berpikir bahwa ini ajaran yang gampang. Butuh kesetiaan seumur hidup dan pengakuan dosa rutin untuk hidup suci, jauh dari kenajisan.

Mulailah dari hal-hal sederhana: berhentilah mengumpati mantan yang meninggalkanmu karena selingkuh; sahabat yang menikung gebetanmu; atau orang yang menyajikan kaleng biskuit, tapi isinya rengginang...🤬❌
Share on Google Plus

About Paroki Nandan

0 komentar:

Posting Komentar