"Miskin sinyal bukan berarti miskin karya", Pertemuan Komsos Kevikepan DI Yogyakarta

Romo Wicak bersama Penggiat Komsos

Tanpa terasa dua tahun sudah berlalu, semenjak pertemuan Komso Kevikepan DI Yogyakarta yang diadakan di Paroki Nandan. Sejak saat itu, vakum kegiatan karena belum  mendapatkan romo moderator Komsos untuk Kevikepan DI Yogyakarta.

Setelah di tahun 2018 romo Yohanes Wicaksono Pr  hadir sebagai romo moderator Komsos, maka di awal tahun 2019 Komsos Kevikepan DI Yogyakarta membuka lembaran baru dengan mengadakan pertemuan Komsos dan penggiat Komsos pada minggu siang (6/12/2018), bertempat di Joglo Pastoran St Yohanes Paulus II Brayut Sleman.

Hadir pada pertemuan ini beberapa perwakilan penggiat Komsos di Kevikepan DI Yogyakarta serta utusan dari Komsos KAS.

Yang menarik dari pertemuan ini adalah semangat dari rekan-rekan yang terhitung jauh dari kota Jogjakarta dan bisa dikatakan susah sinyal salah satunya Komsos Pelem Dukuh, namun semangat rekan-rekan penggiat Komsos tetap berkarya dalam mewartakan kabar suka cita, sehingga muncul moto "Miskin sinyal bukan berarti miskin karya".

Hasil dari pertemuan ini adalah sebagai berikut :

Pusat pastoral mulai digarap di tingkat kevikepan. Masing-masing paroki mestinya sudah ada KOMSOS-nya baik sebagai personel komsos resmi ataupun penggiat komsos.  Resolusi tahun 2019 adalah menggerakan KOMSOS yang sudah ada.

Komsos kevikepan DIY akan membuat web komsos kevikepan yang akan menampung liputan kegiatan yang mencerminkan dinamika kegiatan di Paroki.

Komsos kevikepan DIY akan mengadakan pertemuan rutin 2 bulanan dengan lokasi bergiliran

  • Januari : Paroki Brayut
  • Maret : Paroki Gamping
  • Mei : Paroki Boro
  • Juli : Paroki Kalasan
  • September : Paroki Nandan

Komsos kevikepan DI Yogyakarta akan mengadakan 2 kali pelatihan pada tahun 2019  dengan target peserta

  • Setiap paroki mengirimkan 2 utusan Komsos/penggiat komsos (total 70 peserta)
  • Pelatihan Photocaption (1-2 Juni 2019 di Wisma Salam) 
  • Pelatihan Video Editing (9-10 Nov 2019 di wisma Salam).
  • Diusulkan pula tema pelatihan seputar “website” untuk tahun berikutnya. 

Rekan-rekan Komsos KAS juga memberikan informasi bahwa beberapa program kegiatan (seperti pembuatan video dari Bapak Uskup seperti surat gembala) baru bisa menjangkau sebagian kecil umat. Komsos kevikepan DI Yogyakarta diharapkan membantu memviralkan program KOMSOS KAS lewat medsos agar semakin banyak umat yang terjangkau.#denblangkon.

Notulen : bapak Yusup penggiat komsos Kalasan
Foto : romo Yohanes Wicaksono Pr

Posting Komentar

1 Komentar