BISA Bulan Februari 2015 : “Bagaimana Orang Katolik Berdoa”


BISA atau Bincang-bincang Iman St Alfonsus merupakan kegiatan rutin setiap bulan pada tanggal 1 atau 4, maksud dari BISA, selain untuk berbincang-bincang mengenai Iman juga untuk mengingat tanggal berdirinya Paroki St. Alfonsus Nandan.

Pertemuan di bulan Februari 2015, di adakan pada tanggal 4 dengan tema “Bagaimana Orang Katolik Berdoa”, bertempat di Joglo Antonio, di hadiri 34 umat, dan sebagai narasumber/moderator : Romo Gregorius Kriswanta Pr.

Peserta dibagi dalam kelompok-kelompok kecil dengan anggota sejumlah 5 s/d 6 orang per kelompok. Masing-masing anggota kelompok diminta untuk memberikan sharing pengalaman tentang berdoa selama 15 menit. Setelah itu dari tiap-tiap kelompok menyampaikan hasil sharing kelompok kepada seluruh peserta.

Doa yang dimaknai sebagai bentuk komunikasi, bercakap-cakap dengan Tuhan dieksplorasi secara lebih mendalam dalam kelompok-kelompok kecil tersebut.

Berikut beberapa hasil sharing dan diskusi dari kelompok-kelompok tersebut:

Doa dimaknai sebagai suatu relasi pribadi dengan doa.
Doa bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.
Beberapa umat merasa lebih terbantu berdoa dengan sarana-sarana dan rumusan doa yang sudah terlebih dahulu dibuat (doa-doa pokok: Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan, Aku Percaya, dst; doa-doa devosi, litany, dsb.).
Bermacam-macam intensi doa dari umat: syukur, permohonan, pujian.
Pengalaman berdoa yang berbeda ketika dilakukan secara pribadi dibandingkan dengan doa secara komunal.

Posting Komentar

0 Komentar