Kelompok Doa Ibu-Ibu Lingkungan St. Ceicilia Nandan


Berawal dari kerinduan seorang ibu untuk bersekutu dalam nama Tuhan Yesus, saat ini ibu-ibu di lingkungan St Ceicilia Nandan rutin mengadakan kegiatan doa lingkungan setiap hari Senin sore, setiap minggunya. Kegiatan rutin ini sudah berjalan hampir selama lima belas tahun, sejak tahun 2000.

Dilihat dari jumlah peserta doa, memang tidak begitu banyak, rata-rata antara enam sampai lima belas orang ibu, namun sangat mengagumkan jika dipandang dari sisi kerutinannya, seminggu sekali,  ibu-ibu yang sebagian besar adalah ibu-ibu pekerja, yang seharian sibuk dengan tugas dan kewajibannya di tempat bekerja, selalu memiliki kerinduan untuk berkumpul dan berdoa bersama setiap hari Senin sore, atau hari lain yang disepakati jika di hari Senin ada kegiatan lain yang dianggap lebih penting.

Kelompok doa ibu-ibu Lingkungan St. Cecilia bernaung pada St Elisabeth, dengan urutan kegiatan:
1. Lagu Pembukaan
2. Doa Legio Maria
3. Doa Rosario
4. Litani Bunda Maria
5. Bacaan Kitab Suci
6. Renungan dari buku Mutiara Iman
7. Lagu Penutup

Dan kegiatan yang dilakukan di rumah para anggotanya secara bergiliran, selalu “disela” dengan Doa Malaikat Tuhan ketika waktu menunjukkan pukul enam sore.

Sejarah Singkat Kelompok Doa Ibu-ibuSt. Elisabeth di Lingkungana St. Ceicilia Nandan
Kembali ke tahun 2000an ketika Lingkungan Nandan masih bergabung dalam Lingkungan St.Lucia, muncul kerinduan seorang ibu yang tinggal di Perumahan Nandan Griya Idaman, untuk mengumpulkan ibu-ibu yang tinggal di kompleks perumahan di sekitarnya, untuk berkegiatan doa bersama. Tantangan paling besar yang dihadapi saat awal memulai kegiatan ini adalah mensepakati waktu bertemu, mengingat sebagian ibu-ibu ini bukanlah ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang di rumah, namun sebagian besar ibu-ibu ini adalah ibu-ibu yang bekerja, dengan berbagai macam karyanya baik di kantor maupun di tempat usahanya.

Pada awalnya kegiatan doa bersama ini diisi dengan kegiatan membaca kitab suci dan sharing berbagi pengalaman. Pembimbing ibu-ibu ini berganti-ganti, mulai dari  para frater CSSR, juga mengundang Romo Erwin, Romo Sulis, Romo Gunawan yang membimbing dalam pembahasan dan sharing kitab suci ini.
Dalam perjalanan melewati lima belas tahun ini, kelompok doa ibu-ibu ini memiliki ragam kegiatan sosial lain juga, seperti bakti sosial dengan mengunjungi panti jombo, mengunjungi panti asuhan anak-anak cacat ganda, mengunjungi panti yatim piatu dan kegiatan santai lain seperti makan bersama jika ada anggota yang berulang tahun, serta ziarah ke gua-gua Maria bersama bapak-bapak dan anggota keluarga yang lain.

Maju terus ibu-ibu di lingkungan St. Ceicila Nandan, Semoga manjadi kerinduan. Berkah Dalem. (Noery PVA)

Posting Komentar

0 Komentar