Kota Kita Tuan Rumah Asian Youth Day (AYD) 2017


Keuskupan Agung Semarang ditunjuk sebagai tuan rumah “Asian Youth Day” (AYD)  ke-7 tahun 2017.

Apa itu AYD?

“Asian Youth Day” ialah temu Orang Muda Katolik se- benua Asia, dilakukan dalam jangka waktu tiga tahunan. Biasanya sekitar seribu hingga tiga ribuan OMK perwakilan dari 30 negara se-Asia yang ikut dalam  kegiatan ini. “Asian Youth Day” digagas oleh para pembina OMK se Asia dan disetujui Federasi Konferensi Uskup-uskup se Asia (FABC) di bawah koordinasi kantor komisi Keluarga dan Kerawam bagian Kepemudaan.

Kapan saja AYD diadakan? Apa tema-tema AYD?

Pertama kali diadakan di Keuskupan Hua Hin Thailand tahun 1999 dengan tema  “Asian Youth Journeying with Jesus Towards the Third Millenium” (OMK Asia berjalan bersama Yesus menyonsong Millennium III)
AYD kedua pada tahun 2001 diadakan di Keuskupan Taiwan di kota Taipei, bertema “We are called to Sanctity and Solidarity” (Kita dipanggil kepada Kekudusan dan Solidaritas)
AYD ketiga diadakan di Keuskupan Bangalore, India tahun  2005 dengan tema “Asian Youth for Peace” (OMK Asia Untuk Perdamaian)
AYD keempat tahun 2006 di Keuskupan Hongkong, dengan tema “Asian Youth, Hope of Asian Families” (OMK Asia, Harapan Keluarga-keluarga Asia)
AYD kelima pada tahun 2009 di keuskupan Imus, Filipina dengan tema “YAsia Fiesta: Young Asians Come Together Share the Word, Live the Eucharist” (Pesta OMK Asia: OMK Asia, datanglah bersama-sama, berbagi Sabda, Hayati Ekaristi).
AYD keenam pada tahun 2014 di Keuskupan Daejeon, Korea, bertema “Wake Up Asian Youth! The glory of the Martyrs shines on you” (OMK Asia, Bangunlah, Kemuliaan para martir bersinar atas kalian).
AYD kejuh direncanakan tahun 2017 di Keuskupan Agung Semarang khususnya kota Yogyakarta dan sekitarnya. Tema yang digagas adalah “Asian Youth: Gospel’s Joy of Multiculturalistic Asia” (OMK Asia: Suka cita Injil bagi Asia yang Majemuk).
Apa acara AYD? Berapa hari? Apa yang perlu disiapkan sebagai tuan rumah? Wah… begitu gembiranya hati ini jadi tuanrumah sampai pertanyaan banyak sekali. Sabar sebentar, postingan berikutnya akan kita bahas.
(Romo Yohanes Dwi Harsanto, Pr)

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Untuk membaca artikel yang berhubungan dengan AYD silahkan ke http://asianyouthday.org/

    BalasHapus