Masa Pra Paskah Di St. Caecilia Nandan


Masa Pra Paskah adalah salah satu masa yang ditunggu-tunggu beberapa warga Lingkungan St. Caecilia Nandan yang rindu akan kegiatan renungan APP dengan berbagi pengalaman untuk lebih mengenal Tuhan dan memperkuat iman.

Pertemuan APP lingkungan St. Caecilia Nandan dijadwalkan lima kali pertemuan, dan dilakukan setiap hari Rabu sore di rumah salah satu warga lingkungan dan dipandu oleh salah seorang warga lingkungan juga. Sesuai dengan panduan dari Keuskupan, tema APP tahun 2015 ini adalah Iman Disertai Perbuatan Kasih, semakin Hidup.

Pertemuan pertama APP 2015 diselenggarakan hari Rabu tanggal 25 Februari 2015 di rumah bapak Agung, dihadiri oleh empat belas orang warga lingkungan. Pertemuan yang dipandu oleh bapak Noor Cahya bertemakan Iman adalah Karunia. Dari panduan yang ada, dan sharing pengalaman dari peserta yang hadir, yang dapat kami bawa pulang dari pertemuan hari itu ada dua hal :

Iman diwariskan, dianugerahkan Allah dan tidak semata-mata usaha manusia
Menyadari dan mensyukuri iman yang dianugerahkan, baik oleh umat yang dibaptis sejak bayi maupun umat yang dibaptis sesudah dewasa.
Seminggu berikutnya, di hari Rabu berikutnya, tanggal 4 Maret 2015,   pertemuan kedua APP diselenggarakan di rumah keluarga Bapak Santosa, dihadiri oleh dua belas orang warga lingkungan. Pertemuan yang bertemakan Iman adalah Proses, dipandu oleh Bapak Agung. Hal yang kami terima dari pertemuan APP ke dua ini adalah:

Iman tumbuh melalui proses panjang, melalui pembelajaran, dan panca indra. Iman tidak langsung jadi. Proses perlu dilalui hingga menemukan konsep kebenaran untuk mengikuti Tuhan Yesus
Sharing suka dan duka hidup yang merupakan proses pertumbuhan iman.
Pertemuan ketiga yang bertemakan Iman adalah kasih, diselenggarakan hari Rabu, 11 Maret 2015 di rumah bapak Noor Cahyo. Pertemuan dipandu oleh Bapak Wijaya dihadiri oleh tiga belas orang warga lingkungan. Dua hal yang kami terima dari pertemuan ketiga ini adalah:

Iman yang tanpa perbuatan adalah mati. Paket iman dan kasih adalah dua hal yang tidak boleh dan tidak bisa dipisahkan
Iman tidak berhenti pada kata-kata dan pemikiran saja, namun perlu berlanjut kepada perwujudan nyata; tampak pada kehidupan sehari-hari dengan peduli kepada yang lemah disekitar kita, meningkatkan solidaritas sebagai salah satu wujud nyata APP.
Pertemuan ke empat dan kelima akan diselenggarakan sedikit agak berbeda dengan jadwal awal, yaitu akan kami adakan  pada hari Rabu, 25 Maret dan Rabu 1 April 2015 (Sedangkan hari Rabu, 18 Maret 2015 dijadwalkan untuk pengakuan dosa yang akan dilaksanakan di rumah keluarga Noery PVA).  Semoga semua yang kami rencanakan bisa terlaksana dengan baik, dan lingkungan St. Caelilia Nandan semakin beriman tangguh dan menjadi manusia yang baru. Amin.
Warga lingkungan St. Caeciia, sebagai salah satu wujud nyata APP 2015 akan mengadakan bakti sosial dan kunjungan, yang masih direncanakan waktu dan tempatnya. Untuk tempatnya…dimana yaaaa…ada yang bisa memberikan informasi dan masukan? Ditunggu….

Noery PVA

Posting Komentar

0 Komentar