Pembaharuan Kaul 2 Bruder Karitas


Rasa syukur dipanjatkan oleh Keluarga Besar Bruder Karitas (FC) Indonesia, dimana pada Senin, 23 Februari, bertepatan dengan Pesta Santo Polikarpus, Uskup dan Martir, diselenggarakan Penerimaan Pembaharuan Kaul dua Bruder muda Indonesia, Bruder Antonius Nelson Sembiring (Asal Sumatera Utara) dan Bruder Heronimus Funan (Asal Pulau Kepa, NTT). Perayaan sederhana ini berlangsung di Kapel Bruderan Komunitas Santo Yohanes Bosco, Wonosobo.

Atas nama Kongregasi, Bruder Marcellinus Putrosumarto, selaku Pimpinan FC Indonesia, menerima Pembaharuan Kaul kedua bruder untuk masa 2 tahun kedepan. Misa Syukur dipersembahkan oleh Rama Philipus Seno Dewantoro, MSC, Rama Paroki Santo Paulus Wonosobo.

Sekedar wawasan bagi Friend List FB kami, yang non Biarawan, Pembaharuan Kaul itu adalah proses resmi yang harus dijalani seorang Bruder sebelum akhirnya mengucapkan Kaul Kekal, yang masa waktunya terhitung dari Profesi Pertama (Resmi disebut Bruder) adalah 6 sampai 9 tahun. Bila sudah mencapai 6 tahun Bruder tersebut dapat mengajukan diri untuk mengucapkan Kaul Kekal. Bila merasa belum siap atau Kongregasi merasa Bruder tersebut belum siap, masih ada tenggang waktu 3 tahun. Bila sampai 9 tahun Bruder tersebut belum siap atau Kongregasi merasa Bruder tersebut tidak layak, maka hanya ada satu opsi, Mengudurkan Diri atau Dipulangkan.

Secara singkat proses mulai masuk sampai meninggal seorang Bruder Karitas adalah:
1. Masa ASPIRAN (Masa Perkenalan dipanggil Frater): 6 bulan sd. 1 tahun
2. Masa POSTULAN (Dipanggil Frater): 2 tahun
3. Masa NOVISIAT (Dipanggil Frater): 2 tahun
4. PENGUCAPAN PROFESI PERTAMA (Resmi jadi dipanggil Bruder)
5. Masa Profesi Temporari: 6 sd. 9 tahun
6. PENGUCAPAN PROFESI KAUL KEKAL
7. Masa mulai Kaul Kekal sd. Meninggal: On Going Formation

Semoga menambah wawasan. Mohon doa untuk kehidupan kami dan karya-karya sosial kami di Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar