SEJARAH PAGUYUBAN ORGANIS “GREGORIUS” GEREJA PAROKI ST. ALFONSUS NANDAN



Paguyuban Organis “Gregorius” Gereja Paroki St. Alfonsus Nandan adalah suatu paguyuban organis yang berdiri sejak tanggal 2 Maret 2014, sehingga menjadi salah satu paguyuban di Gereja Paroki Nandan yang paling muda saat ini. Berikut ini adalah sejarah singkat berdirinya paguyuban Organis “Gregorius” Gereja Paroki St. Alfonsus Nandan dengan Romo Gregorius Kriswanta, Pr. sebagai narasumber.

Sejarah terbentuknya Paguyuban Organis “Gregorius” Gereja Paroki St. Alfonsus Nandan diawali dengan rapat dewan pleno di Villa Taman Eden, Kaliurang, dua tahun yang lalu. Dalam pertemuan itu, ketua-ketua lingkungan di Gereja Paroki Nandan mengeluhkan sulitnya mencari organis untuk mengiringi misa mingguan di gereja karena kekurangan tenaga organis. Selain itu, kesulitan untuk membayar jasa organis karena tingginya uang jasa juga menjadi beban bagi lingkungan. Para ketua lingkungan berharap adanya suatu tindakan yang dapat membantu lingkungan di Gereja Paroki Nandan agar lebih mudah mencari jasa organis.

Keluhan yang disampaikan dalam pertemuan itu memunculkan sebuah inisiatif untuk mendirikan suatu paguyuban organis dengan prinsip murni pelayanan tanpa uang jasa. Atas persetujuan Romo Paroki, inisiatif tesebut ditindaklanjuti oleh Tim Kerja Bidang Liturgi khususnya Tim Kerja Musik Organ dalam program kerja yang dibuat.

Pada tanggal 2 Maret 2014, secara resmi Paguyuban Organis “Gregorius” Gereja Paroki St. Alfonsus Nandan didirikan dengan Romo Gregorius Kriswanta, Pr. sebagai penasihat. Paguyuban ini didirikan sesuai dengan kesepakatan awal yaitu dengan prinsip murni pelayanan tanpa uang jasa, sehingga dapat membantu lingkungan-lingkungan di Gereja Paroki Nandan yang kesulitan mencari jasa organis.

Paguyuban Organis “Gregorius” Gereja Paroki St. Alfonsus Nandan terdiri dari dua komunitas, yaitu komunitas Pelatihan Organis dan komunitas Organis Nandan. Komunitas Pelatihan Organis berfungsi sebagai wadah bagi perwakilan umat dari setiap lingkungan di Gereja Paroki Nandan untuk disiapkan menjadi organis yang bisa mengiringi di gereja. Sedangkan komunitas Organis Nandan adalah komunitas yang terdiri dari organis-organis yang sudah mampu mengiringi secara aktif di gereja, dan komunitas ini dimaksudkan sebagai sumber bantuan bagi lingkungan-lingkungan di Gereja Paroki Nandan yang kesulitan mencari jasa organis.

Dalam perkembangannya, sekarang Paguyuban Organis “Gregorius” Gereja Paroki Nandan sudah mulai bergerak dalam kegiatan pelatihan maupun tugas pelayanan mengiringi petugas koor lingkungan dalam setiap misa harian, mingguan, maupun misa-misa lingkungan di Gereja Paroki Nandan.
(Aji Bhaskara)

Posting Komentar

0 Komentar