Kemah Rohani Misdinar Di Goa Maria Kerep Ambarawa


“Adalah baik jika setelah penerimaan komuni pertama, remaja kemudian diarahkan untuk mengikuti kegiatan misdinar sebagai sarana untuk terlibat dalam gereja dan pembentukan Iman Katolik” Mgr. Pujasumarta.

Pada tanggal 27-28 Juni 2015 yang lalu, 12 orang misdinar yang terdiri dari 6 orang putra dan 6 orang putri mengikuti kegiatan kemah rohani yang diadakan di Goa Maria Kerep Ambarawa. Selama dua hari tersebut, para remaja misdinar dari seluruh paroki di Keuskupan Agung Semarang diberikan berbagai macam kegiatan berkenaan dengan tema panggilan di tengah maraknya teknologi. Tema yang diambil untuk kegiatan kemah rohani “Inline with Jesus when Online”.

Mengusung bentuk kemah rohani, para peserta diberi tenda untuk bermalam, bagi putri sebuah tenda diisi satu atau dua paroki, sedangkan bagi peserta putra diberikan tenda barak besar yang bisa menampung hingga 60 orang. Lokasi sudah disiapkan panitia sehingga peserta bisa fokus terhadap kegiatan dan materi yang disampaikan panitia.

Panitia yang hampir seluruhnya terdiri dari suster, bruder, frater dan Imam secara langsung terlibat dalam penyampaian kegiatan terhadap para remaja. Para biarawan-biarawati tersebut dalam suatu sesi terlibat dialog dengan para peserta di tenda masing-masing, saling berdiskusi mengenai teknologi dan berbagi cerita mengenai panggilan. Para peserta pun diberi kesempatan untuk bertanya dan melihat kegiatan biarawan-biarawati dalam acara ini.

Keseluruhan acara dipandu oleh Romo Ipenk dan Romo Grasius melalui panggung utama dimana anak-anak diajak untuk bernyanyi menari melalui lagu-lagu yang penuh semangat. Pada sesi terakhir hari pertama, para remaja diajak untuk menggali bakat-bakat mereka dengan mencoba menjalani aktivitas sebagai reporter, fotografer, komunitas paduan suara dan lain-lain. Para peserta dibagi ke dalam kelompok dan diberi kesempatan untuk saling berdiskusi mencari tau apa yang ingin ditampilkan atau ditunjukkan dari kelompoknya.

Rangkaian acara pada hari kedua diisi dengan expo panggilan dimana berbagai kongregasi suster, bruder, dan Imam dikumpulkan disatu tempat sehingga para remaja dapat mengunjungi stan masing-masing dan bertanya perihal panggilan maupun kongregasi tersebut.

Total peserta yang terdaftar mengikuti acara kemah rohani sebanyak 1039 peserta dari kurang lebih 85 paroki se-Keuskupan Agung  Semarang. Jumlah melampaui target panitia yang hanya sejumlah 900 orang dan menunjukkan antusiasme para peserta untuk bisa terlibat dan belajar mengembangkan iman katolik.

Rangkaian acara ini ditutup dengan misa yang dipimpin oleh Mgr Puja. Dalam pengantar misanya, beliau menyampaikan betapa terharunya beliau dengan banyaknya remaja yang turut serta dalam kemah rohani ini. Lagi, beliau menyampaikan bahwa masa depan gereja ada di tangan remaja-remaja. Misa penutupan ini ditutup dengan pemotongan tumpeng ulang tahun KAS dan tercatat lebih dari 2000 orang mengikuti misa baik peserta maupun umum.

Kontributor adeninova atmojo

Posting Komentar

0 Komentar