RAJA DAN TUKANGNYA

Ada seorang raja yang mempunyai seorang tukang bangunan yang telah mengabdi padanya 30 tahun lebih. Setelah melewati masa 30 tahun, Tukang itu merasa cukup dengan pengabdiannya. Ia sudah lelah bekerja dan raganya pun semakin lama semakin lemah. Dia meminta pada Raja untuk berhenti dari pekerjaannya. Dia ingin beristirahat dan menikmati masa tuanya.

Di luar dugaannya, Raja malah memintanya membangun sebuah rumah lagi. Kata Raja, ini akan menjadi pekerjaannya yang terakhir. Setelah itu dia boleh beristirahat. Tapi tukang itu kecewa. Dia tidak menyangka bahwa alih-alih pensiun, dia malah mendapat pekerjaan baru yang harus diselesaikan. Dia ingin protes tapi dia tidak berani. Maka kekesalannya itu dilampiaskannya pada pekerjaannya. Dia mengerjakan rumah permintaan raja itu dengan setengah hati. Ketika akhirnya rumah itu selesai, semua orang dengan mudah tahu bahwa rumah itu adalah yang terjelek dari semua rumah yang pernah dia bangun.

Lalu dia menghadap Raja untuk memberitahu kepadanya bahwa pekerjaannya yang terakhir telah diselesaikannya dan dia sudah tidak bisa menunggu lebih lama untuk memulai masa pensiun. Raja pun mengabulkan permintaannya, dan sebagai hadiah pengabdiannya yang sudah melewati masa 30 tahun Raja memberikan kepadanya Rumah terakhir yang dia bangun sebagai hadiah baginya.

silahkan memaknai cerita ini masing-masing…. bagi saya… segala sesuatu yang kita lakukan sebaiknya dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati hingga akhir hayat.  (cerita inspiratif copas dari ROmo Mans CSsR)
Kontributor Lily Astuti 

Posting Komentar

0 Komentar