REKOLEKSI PUTRA/I ALTAR : “MELAYANI TANPA GALAU”


Pada hari Sabtu-Minggu, 21-22 November para Putra/i Altar Paroki Nandan melaksanakan rekoleksi di Wisma Anugerah, Glagah Kulon Progo. Rekoleksi diadakan dengan tema “Melayani tanpa Galau”. Berangkat bersama-sama dari Gereja, para Putra/I Altar nampak bergembira dan bersemangat untuk mengikuti rekoleksi. Sebelum berangkat, frater Graha membuka kegiatan dengan berdoa bersama-sama.

Sesampainya di lokasi, pendamping mengajak Putra/i Altar untuk bergembira bersama dalam lagu dan games keakraban. Melalui keakraban ini Putra/i Altar diajak untuk saling mengenal teman-temannya sesama pelayan Tuhan. Selanjutnya kegiatan rekoleksi dibuka oleh Pak Edy Hartono dan Frater Joko.

Setelah makan malam, para Putra/i Altar bersama dengan Frater Joko dan Frater Graha berdinamika kelompok. Masing-masing kelompok diminta saling berbagi cerita dan pengalamannnya selama menjadi Putra/i Altar. Dalam sesi ini banyak hal terungkap, cerita suka dan duka saling dibagikan selama menjadi PA di Gereja Nandan. Diantaranya:

Saya senang menjadi PA Nandan, karena:
– Bangga, bisa melayani Tuhan
– Berkumpul bersama teman-teman
– Bisa memukul gong
– Bisa melayani romo di Altar
– Duduk paling depan dan bisa melihat misa
– Menjadi PA dilihat orang tua dan teman-teman
– Bisa menggunakan pakaian liturgi

Hambatan ketika akan bertugas:
– Malas bangun pagi
– Yang tugas tidak ada teman yang akrab
– Diajak pergi oleh orang tua
– Jadwal latihan barengan dengan jadwal les
– Mau tugas, PAnya sudah penuh

Harapan untuk orang tua:
– Mau membangunkan kalau mau bertugas
– Mendukung kegiatan PA
– Mau mengantarkan ke gereja untuk misa

Kegiatan hari pertama ditutup dengan renungan dan doa malam oleh Frater Joko. Dalam renungan para Putra/i Altar diajak untuk merenungkan kembali makna melayani. Semangat pelayanan telah diteladankan oleh Yesus sendiri sebelum Dia ditangkap. Tuhan Yesus seorang guru telah memberi teladan pelayanan dengan membasuh kaki para muridnya. Semoga para Putra/i Altar baik pengurus, anggota lama dan anggota baru dapat dengan setia dan bersemangat menjalankan tugas pelayanannya.
Hari yang baru diawali dengan penuh sukacita oleh para peserta. Tanpa rasa malas semua Putra/i Altar bersemangat untuk bangun pagi dan berolah raga pagi. Sambil berjalan pagi sepanjang kurang lebih 2km, para Putra/i Altar dengan sukacita menikmati segarnya udara dan pemandangan di pagi hari.

Setelah makan pagi bersama, kegiatan dilanjutkan dengan dinamika kelompok. Dalam kegiatan ini Putra/i Altar berjalan menuju pos-pos yang sudah disiapkan oleh pendamping. Setiap pos, masing kelompok harus menyelesaikan suatu tugas. Diantaranya: belajar menata Altar, kuis tentang alat-alat liturgi, kuis mengenal Gereja Nandan, games yang melatih kekompakan dan kerjasama, games tentang semangat melayani, kegiatan saling berbagi, dan pengenalan hidup membiara (panggilan).


Galery Foto klik disini

Dinamika kelompok ditutup dengan menuliskan harapan dan niat-niat yang akan dilaksanakan setelah rekoleksi.
Sebagai puncak syukur, kegiatan rekoleksi ditutup dengan misa yang dipimpin oleh Romo Chandra.

Kegiatan rekoleksi PA telah usai, semoga semangat yang telah dibangun tidak berhenti sampai di sini saja dan semakin bersukacita dalam pelayanan. Selamat menjalankan tugas dan melayani Tuhan untuk PA Nandan…!! Tuhan memberkati kita semuaaa… (M. Emy)

Posting Komentar

0 Komentar