Sarasehan Frater Dan Suster Di Lingkungan St. Anna Jongkang Baru

Pada tanggal 30 Juli -2 Agustus 2015 Fr. Yunardi, SSCC mengikuti live in dalam rangka HUT ke 3 Paroki dan pesta nama Gereja St. Alfounsus Nandan. Fr. Yunardi, SSCC mendapat tugas untuk live in di Lingkungan St. Anna Jongkang Baru, tepatnya di rumah Kel. Bp. Y.Suharsono ( Sedan ).

Salah satu agenda live in adalah Sarasehan bersama seluruh umat . Sarasehan diadakan di rumah Kel. Bp. Binuko pada hari Rabu, 30 Juli 2015 pk. 19.30 WIB, diawali dengan ibadat syukur dilanjutkan dengan sharing bersama. Umat yang hadir sekitar 20 org, terdiri dari remaja dan bapak/ibu.

Dalam sarasehan Frater mengatakan bahwa umat harus solid, harus selalu bersama dalam suka dan duka. Frater Yunardi, SSCC mengambil filosofi ikan. Dimana kehidupan ikan selalu bersama-sama dalam suka dan duka. Sehingga ketika penjala ikan menurunkan jalanya ke laut, maka segerombolan ikan tersebut akan masuk dan terangkat ke atas, bahkan ikan kecil sekalipun ikut masuk ke dalam jala tersebut.

Demikian yang diharapkan Frater Yunardi, SSCC kepada umat lingk. St. Anna Joba. Jika ada umat yang tidak aktif ( menjauh dari sesama ), umat diharapkan menyapa dan mengajak untuk kembali aktif bersama-sama memuji , memuliakan, dan melayani Tuhan dengan penuh kasih, seperti yang menjadi visi lingk. St. Anna Joba.

Sehingga ketika Tuhan menebarkan jala Nya, Umat Lingk. St. Anna masuk dan terangkat semua, tak ada satupun yang tertinggal, termasuk ikan yang kecil. Banyak yang dapat digali dalam sarasehan tersebut. Diantaranya ungkapan rasa syukur umat karena tinggal di lingk. St. Anna, sehingga umat bisa ikut berbagai kegiatan dilingkungan.

Sesuai dengan apa yang diharapkan. Ada yang suka menyanyi, outbound, makan bersama dan pendalaman iman, yang sungguh bisa menguatkan kehidupan iman umat.

Sedangkan Sr. Yuliani, CB mengikuti live in dilingkungan St. Anna Joba pada tanggal 1-2 Agustus 2015. Suster Yuliani, CB tinggal di rumah Kel. Bp. Irianto (Ibu Ningrum) di Sedan. Sarasehan besama Suster Yuliani, CB yang didampingi Fr. Yunardi, SSCC diadakan pada hari Sabtu, 1 Agustus 2015 pk. 19.30 WIB di rumah Kel. Bp. Irianto (Ibu Ningrum).

Acara diawali dengan sharing Suster dan Frater tentang kisah panggilan mereka untuk hidup membiara. Banyak sekali tantangan yang dihadapi,karena kedua orang tua tidak menyetujuinya. tetapi penyertaan Tuhan mampu menguatkan mereka. Kedua orang tua Frater dan Suster akhirnya merestui keduanya untuk menjadi seorang biarawan dan biarawati. Harapan Suster, Bruder ada banyak kaum muda yang terpanggil utk mengikuti jejak mereka. Sarasehan dilanjutkan dengan sharing umat yang hadir.

Ada beberapa kesaksian dari bpk/ibu yang terpanggil untuk hidup berkeluarga. Dua orang ibu menceritakan kisah hidup mereka , menikah dengan suami yang beda agama. Banyak tantangan yang dihadapi, baik yang berasal dari dalam keluarga mereka , maupun dari luar. Iman kedua ibu tersebut diuji. Tetapi ada banyak cara Tuhan menolong umat yang dikasihiNya.

Mereka mampu menghadapi , dan Puji Tuhan, semua yang dialami selama ini membuat mereka semakin dekat dengan Tuhan, dan menyadari betapa Tuhan sangat mencintai mereka. Frater dan Suster kagum mendengar kisahnya dan memberikan apresiasi kepada kedua ibu tersebut. Kisah yang berbeda diceritakan oleh bpk/ibu yang lain. Dimana seorang ibu berjanji utk mempersembahkan seorang anaknya bagi Tuhan. Kel. Tersebut percaya, apabila dalam sebuah keluarga mempunyai anak yang terpanggil menjadi biarawan atau biarawati, maka kehidupan keluarga itu akan menjadi damai, penuh berkat. Atas dasar keyakinan itulah, keluarga tersebut bersedia mempersembahkan anak satu-satunya bagi Tuhan.

Sarasehan kedua diakhiri dengan foto bersama umat yang hadir, sebagai kenang-kenangan. Terima kasih Frater Yunardi SSCC dan Sr. Yuliani, CB yang telah berkenan tinggal sementara dan berbagi pengalaman dengan umat Lingk. St. Anna Joba. Smoga kehadiran Frater dan Suster mampu menumbuhkan benih-benih panggilan di lingk. St. Anna Joba. Apapun panggilan Tuhan bagi umat lingk. St. Anna Joba, smoga dapat di jalankan dengan penuh rasa syukur sesuai dengan kehendak Tuhan.

Kontributor Herni Amd

Posting Komentar

0 Komentar