Seminar Setengah Hari OMK Melawan Narkoba dan Seks Bebas


Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, pada hari minggu pagi (28/6/2015) bertempat di Joglo Antonio Paroki St Alfonsus Nandan, diadakan seminar setengah hari dengan teman “Seks dan Narkoba” untuk OMK Paroki St Alfonsus Nandan.

Seminar ini berlangsung atas bantuan dari PEMBIMASKAT Knwil Kemenag RI Kabupaten Sleman, dengan moderator Romo Yohanes Dwi Harsanto Pr.

Rm Santo dengan gayanya yang khas, “sersan” – serius tapi santai, membuat OMK yang hadir tidak beranjak dari tempat duduk untuk mendengarkan apa yang disampaikan.

Seminar diisi juga dengan sharing dan diskusi kelompok, untuk membahas bagaimana cara melawan seks bebas dan narkoba.

berikut ini sharin mereka :

Baik narkoba maupun seks bebas, keduanya adalah hal yang senang sesaat. Narkoba tidak memberi keuntungan sama sekali. Dasar hubungan seksual adalah cinta sejati dan tanggung jawab. Semua terwujud saat sudah siap.

Pribadi:
Sebagai wanita, benar-benar menjaga diri dengan tidak terbuai dalam godaan seks. Pegang prinsip untuk tdk melakukan hub seksual sblm nikah
Narkoba bukan penyelesaian. Lebih baik kalau suntuk, cari ‘pelarian’ yang positif, misal bikin karya (gambar, musik, dll) atau cerita ke orang yg pantas dipercaya.

Bersama:
Saling menjaga sesama teman. Menjaga supaya pergaulan tetap bersih dari narkoba dan seks bebas. Jika teman ada masalah, mencoba untuk hadir dan membantu supaya teman tidak lari ke hal-hal yg menyesatkan – Angelina Indra Hapsari A

Paling berkesan:
Yg ada kata2 “saya belum tau menikah dgn siapa, tp saya tdk akan mengkhianati pasangan saya kelak”
Setuju dengan kalimat ini, mau bagaimana pun kita harus menjaga badan kita karena entah milik siapa kelak nanti badan kita. Secinta2nya dgn pacar yg sekarang, kalau sama2 bisa saling menjaga itu yg penting dari sebuah kata cinta.

Cara melawan:
*sendiri:
– menghindari hal2 yg menjurumuskan
– melakukan hal2 positif agar terhindar dari pikiran2 negatif
– menjaga diri, spt berpakaian yg tidak mengundang org lain untuk ingin melakukan hal2 negatif
– pintar2 memilih teman, jangan memilih teman yg membawa kita ke hal buruk

*bersama:
– saling menjaga
– menghindari pengaruh2 buruk dari luar
– menambah wawasan ttg narkoba dan seks bebas agar kita bisa menyikapinya dgn bijaksana dan tidak terjerumus dlm hal demikian – Agnes Tri P. (OMK Nandan)

ang mengesan bagi saya, banyak informasi yg saya terima terkait dengan narkoba dan seks bebas begitu pula dengan akibatnya yg bisa saya berikan untuk sesama saya.
Karena dalam pergaulan saya, hal ini sangan berdekatan dengan sekitar saya.
Secara pribadi: saya ingin melawannya dengan menjauhi kedua hal tersebut.
Secara bersama: membuat sebuah kelompok kecil yg mengajak untuk menjauhi kedua hal tersebut. – Ruth Lolita

Untuk dpt mencintai org lain kita hrs mencintai dirisendiri (slh satuny dng menghindari kecanduan narkoba n seks bebas)

Melawan: pribadi, dng mengetahui dampak baik n buruk dr narkoba n seks shg tau bagaimana memanfaatkn secra tepat
Bersama, kita dpt mencegah n saling mengingatkan n mengisi waktu dng kegiatan rohani/lainny yg lbh bermanfaat – Grace Margareta

Secara pribadi yang berkesan…
Seks bebas dapat membawa kita pada penyalahgunaaan narkotika. Maka untuk membentengi diri jangan pernah coba-coba, saya tidak tahu suami saya kelak, “saya tidak mau menghianati suami saya kelak”…

Pengendalian scara pribadi :
Pengendalian diri…
Saat tau sesuatu yg aneh atau tidak beres lebih baik menjauh, dan brani katakan tidak…
Perbanyak ibadah..

Pengendalian secara bersama :
Saling mengingatkan
Saling care – Maria Redita

Galeri foto klik disini

Namaku Yoan bisa juga dipanggil Jojo..

Saya terkesan dengan seminar ini karena saya jadi tau kalo semua tentang sex itu menyangkut kerja otak dan hal tersebut mengerikan karena remaja apalagi seusia saya masih labil ditambah otak belum sepenuhnya utuh.

Jujur aku bahkan sekeluarga besar sudah mengalami hal demikian dan kami sekeluarga kena imbasnya seperti harus membantu secara ekonomi, kami juga harus menahan malu yang cukup besar, dan saya juga pernah dipaksa harus menyembunyikan dia tetapi sebagai keluarga kita juga harus membantu dia untuk menyelesaikan masalahnya sendiri atas apa yang sudah dia perbuat.

Demi melawan sex dan narkoba secara pribadi mungkin harus menerima diri sendiri dan jalanku sendiri karena kalo dari diri sendiri gak mencintai hidup dia pasti bakal sters lalu mencari jalan pintas kebahagiaan..karena bahagia itu jalannya gk gampang.. Caranya dengan membaca sumber informasi dalam bentuk apapun,sering berefleksi dengan menulis tentang hal2yang sering kita temui..

Lalu secara bersama adalah mensharingkan, mengikuti dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial entah pendidikan formal dan informal. – Johanni Baptista Atinera Marwanta

Posting Komentar

0 Komentar