Pembukaan Pelatihan Calon Organis

Acara ini dibuka oleh MC Sdr. Grace dan Sdr. Bagas dengan perkenalan setiap anggota pelatihan baru, memperkenalkan nama, asal, motivasi, dan pengalaman bermusik. Berlangsung pada hari hari kamis (3/3), selama dua jam dari pukul 17.00 hingga pukul 19.00. Didampingi pula oleh Rm. Kriswanta, Pr selaku pendiri paguyuban Organis ini sekaligus memberikan sambutan dan sepatah dua patah kata yang memotivasi seluruh anggota pelatihan baru.Yang hadir sekitar 18-20 orang ditambah dengan empat orang dari paguyuban.

Dari perkenalan tiap orang yang hadir, terlihat bahwa kualitas calon organisnya jauh lebih baik dari tiga tahun lalu, mengapa? Karena dulu benar-benar hampir semua dari nol, tidak mengenal dan dikenalkan mengenai musik terlebih dahulu. Berbeda dengan tahun ini, rata-rata pengalaman bermusik sudah luar biasa, les musik dari SD-SMP misalnya, dan ada yang sudah bisa bermain piano klasik, tetapi belum pernah mengiringi di gereja, yang seperti ini hanya tinggal di “poles”, latihan mental agar tidak malu. Sisanya yang masih dari nol, tidak usah khawatir, dengan ketekunan berlatih dan keinginan kuat, pasti cepat menguasai!

Galeri foto klik disini

Oleh karena keprihatinan tahun-tahun sebelumnya, Bu Sinta memberikan presentasi di awal mengenai musik secara umum, yaitu bagaimana organ pipa, perbedaan organ dengan keyboard dan piano, menjadi organis yang baik dan liturgis, dan lain-lain. Setidaknya agar mereka mengenal musik, paling tidak, bisa membedakan kelak mereka akan menjadi organis gereja, bukan pianis, atau keyboardist atau malah organ tunggal. Di akhir tiap orang diminta membunyikan tuts c sampai c’ agar lebih mengenal dan melatih keterampilan jari.
Pembukaan pelatihan ini dari awal bulan April, setiap hari Minggu pukul 19.00 bertempat di Pastoran lantai 2 atau bisa di Limasan juga. Kenapa tidak di bulan Maret? Mungkin anggota sudah ingin cepat-cepat berlatih, tetapi kondisi bulan Maret ini semua sedang mempersiapkan paskah, latihan dan gladi, termasuk yang mengajar nanti. Yuk, yang membaca postingan ini dan tertarik ikut pelatihan organis, ditunggu kehadirannya! (Jovita Angela)
Share on Google Plus

About Paroki Nandan

0 komentar:

Posting Komentar