Pertemuan APP PIA Ketiga dan Keempat

Tulus Menolong Sesama
Pertemuan Ketiga APP PIA, yang mengambil tema “Tulus Menolong Sesama”, berlangsung pada hari rabu (9/3), bertepatan dengan hari libur dan gerhana matahari.
Pada pertemuan ini, anak-anak diajak untuk membiasakan diri menolong sesama dengan hati yang tulus.  Sebelumnya anak-anak diajak untuk mengingat kembali pokok-pokok pertemuan APP pertama dan kedua, dimana mereka diajak untuk saling mengasihi sesama.

Sebelum dibacakan ayat dari Injil Lukas 10:25-37, anak-anak di bagikan gambar potongan-potongan tentang kisah orang Samaria yang baik hati.
Saat di bacakan kisah tersebut, mereka diajak untuk mengurutkan gambar sesuai dengan alur bacaan dari kisah orang Samaria.
Refleksi dari bacaan ini adalah mengajak anak-anak untuk membiasakan diri menolong sesamanya tanpa melihat apakah dia kenal atau belum kenal.  Menolong dengan tulus tidak harus dilakukan dengan hal besar, tetapi bisa dilakukan dengan hal yang sederhana.  Misalnya memberi pinjaman alat tulis kepada teman di kelas.

Galeri foto klik disini

Syukur Atas Alam Ciptaan
Setelah istirahat sebentar, pertemuan APP dilanjutkan dengan pertemuan yang keempat, tentang “Syukur Atas alam Ciptaan”, yang diambil dari Kejadian 1:20-31.
Refleksi dari pertemuan yang keempat adalah :
Anak-anak diajarkan bahwa Allah menciptakan semuanya itu baik, tidak ada yang kurang

Sebagai anak, tidak boleh menyakiti hewan atau tumbuhan, karena mereka juga hidup seperti manusia, serta diberkati Tuhan
Tugas anak-anak adalah merwat dan memelihara segalanya yang ada di bumi, salah satunya dengan  membuang sampah  pada tempatnya.

Harapan dari hasil pertemuan ini adalah, anak-anak mau menolong sesama, mau membantu orang tua menyapu rumah, mau menyirami tanaman.  Hal ini sebagai wujud nyata merawat dan menjaga alam ciptaan.
Share on Google Plus

About Paroki Nandan

0 komentar:

Posting Komentar