Sejarah SD Karitas Nandan



Sekolah Dasar Karitas adalah Sekolah Swasta Katolik yang diasuh oleh Kongregasi Bruder Karitas (Biarawan dari Congregation Fratum Caritatis atau FC yang berpusat di roma).  Bruder Karitas adalah buah karisma Rm. Petrus Josef Triest yang didirikan tahun 1807.
Rm. Petrus Joseft Triest mengambil teladan Vinsensius dari Belgia.  Semangat Spiritualitas Vinsensian inilah yang akhirnya menjadi teladan pula bagi Sekolah Dasar Karitas dan menjadikan nama Vinsensius sebagai nama pelindung sekolah.

Sekolah-sekolah Bruder Karitas mempertimbangkan pendidikan kasih sebagai aspek khusus yang menyala didalam pendidikannya.  Hal ini sesuai dengan moto Kongregasi Deus Caritas Est yang artinya Allah adalah Kasih.  Pada awalnya karya pendidikan bukanlah karya utama kongregasi, namun menangapi kebutuhan-kebutuhan zaman, kongregasi pun mengambil bagian dalam karya pendidikan.

Pada tahun 1960, karena makin banyaknya pemuda masuk novisiat Bruder Karitas, masa atas persetujuan Mgr. Soegijapranata, SJ Vicaria apostolik Semarang pada waktu itu, Kongregasi mendirikan biara baru di sebelah utara kota Yogyakarta, tepatnya di dusun Nandan.

Pada thun 1963 mulai dibangun sekolah dan juga aula Sekolah Dasar.  Dalam situasi tersebut, untuk sementara waktu para Bruder menempati gedung sekolah sebelah barat.  Beberapa tahun kemudian, dibukalah Taman Kanak-kanak, hal ini dilakukan untuk menjamin adanya murid di Sekolah Dasar. 
Pada tahun 1967 untuk memenuhi kebuthuan masyarakat, didirikannya Sekolah Menengah Pertama Karitas yang sampai sekarang masih bertahan menjadi satu gedung dengan TK dan juga SD Karitas itu sendiri.

Pendidikan (pendampingan siswa) di Karitas ini bertujuan untuk memperkenalkan kasih kepada semua siswa dengan tidak membedakan keragaman yang ada, menumbuhkan dan mengembangkan jiwa sosial yang ada dalam setiap pribadi siswa sehingga mereka dapat tumbuh dari mahluk individu menjadi pribadi yang mampu berelasi dengan sesama, lingkungan dan dengan Allah sendiri.

Pendidikan di SD Karitas ini berlandaskan pada semboyan, Deus Caritas Est, yang artinya yaitu "Allah adalah cinta kasih".  Di SD Karitas Nandan ini, baik para siswa, guru maupun sistem pendidikannya sendiri benar-benar dilandaskan pada semboyan "Allah adalah cinta kasih".

Dengan St Vincentius a Paulo sebagai Santo Pelindung sekolah ini, sang pendiri Kongregasi Bruder Karitas, yaitu Rm. Petrus Josef Triest (1760 - 1836), mewarisi semboyan nya pada Kongregasi dan juga pada buah karya mereka, seperti SD Karitas ini.

Contoh nyata dari pengaktualisasian semboyan ini adalah dengan diterimanya siswa/siswi yang berkebutuhan khusus.  Walaupun SD Karitas adalah SD umum, namun karena berdasar pada Kasih Tuhan, maka siapapun dapat bersekolah di SD Karitas tanpa memandang siapa dan bagaimana calon siswa tersebut.
Share on Google Plus

About Paroki Nandan

0 komentar:

Posting Komentar