HUBUNGAN YANG AWET DAN BERBAKTI PADA JESUS

KELUARGA , ANAK , DAN SAHABAT.

OLEH ANTHONY HENRIQUEZ.


Berpikir positif adalah  hal-hal yang lembut untuk membina hubungan yang  penuh kasih  dengan sungguh-sungguh .Hari Jumat (9/9/2016) Anak-anak PAUD TEMAN BERMAIN NANDAN punya acara khusus oleh Bunda dan Panda mereka ,mereka diajak berjalan bergandengan tangan dari Joglo Anthonio Van Padua ke Wisma Sang Penebus dan Kelapangan Bola disamping Gereja Santo Alfonsus,dan diikuti oleh para ORTU mereka.

Tut Wuri Handayani , mengikuti dan menuntun dari belakang , Bunda dan Panda di depan dan Anak-anak dari belakang , mereka dituntun berjalan bergandengan beriring berjalan bersama ,ini dapat kita lihat kiat sederhana bagaimana mendidik anak-anak akan artinya kebersamaan , bermain bersama,bernyayi bersama,sayang satu dengan yang lain.

Anak-anak sering bertengkar kecil kita harus bisa mencegah agar tidak berkembang menjadi  besar.  Anak-anak terlihat penuh percaya diri ,semangat , pikiran yang  lembut dan menonjolkan indahnya kebersamaan dan terasa lucu dan gemas bagi kita yang melihat.



Don’t Sweat the Small Stuff between family,children,and friend , begitu kata Richard Carlson,Ph.D dan Kristine Carlson isterinya,dalam bukunya  Don’t Sweat The Small Stuff  , “ Jangan Ribut Dengan Masalah-Masalah Yang Kecil “ . Buatlah sesuatu dengan pikiran yang jernih,baik didalam keluarga ,juga kepada anak-anak,juga pada sahabat. Itu yang dilakukan oleh Bunda dan Panda mereka,panggilan akrab  buat Ibu dan Bapa Guru mereka. Kita harus selalu berusaha , berbuat  dengan hal-hal yang kecil dan menjalankan di dalam keluarga ,diluar keluarga ,di lingkungan dimana saja kapan saja dan harus dapat menganalisa penyebab dan jangan frustrasi tetapi  harus sabar .Keluarga adalah Gereja kecil. 

Jangan lupa berdoa ,anak-anak pun diajarkan berdoa ,dekatkan diri  dan selalu berbakti pada JESUS .

Kiat sederhana yang diajarkan  oleh Bunda dan Panda memperkuat tali kasih  dan rasa sayang  antara sahabat-sahabat dan teman-teman mereka sejak kecil. Apabila mereka kembali ke rumah  anak-anak akan menceritakan kejadian di sekolah pada ORTU ,kakak-kakak mereka ,pada Kakek dan Nenek mereka  apa yang mereka lakukan di sekolah .

Kita akan mendengarkan ocehan-ocehan mereka teman-teman mereka sejak kecil. Apabila mereka kembali ke rumah  anak-anak akan menceritakan kejadian di sekolah pada ORTU ,kakak-kakak mereka ,pada Kakek dan Nenek mereka  apa yang mereka lakukan di sekolah .

Kita akan mendengarkan ocehan-ocehan mereka dan kita dapat melihat perkembangan ,tumbuh kembang mereka.Mereka merasa bangga  dan bersemangat mengikuti gerak-gerik yang diajarkan oleh Bunda dan Panda mereka .

Kita yang melihat ,merasa lucu ,senang dan gemas akan tingkah laku anak-anak kita. Ini adalah usaha yang tidak sia-sia dan akan AWET sampai anak-anak dewasa. 

Kita harus bangga pada Bunda dan Panda mereka yang sangat berbakat menciptakan keindahan diantara anak -anak , mereka menari , melompat, berteriak ,ajak bicara , dan suka membuat anak-anak terseyum dan tertawa ria . 

Bunda dan Panda sangat pemaaf dan selalu berusaha agar anak-anak menjadi pribadi-pribadi yang baik ,dengan bermain dan berdoa  “ BAPA KAMI DAN SALAM MARIA “ , anak-anak akan menjadi pribadi yang utuh dan selalu berbakti pada  JESUS.


ORTU ,Bunda dan Panda ,harus memiliki Landasan Agama yang kuat  dan didalam ajaran Agama kita di ajarkan  harus menghargai anak sesuai dengan harkat dan martabatnya.

“ ALLAH telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam ANAK-NYA . Barangsiapa memiliki ANAK , ia memiliki hidup ; barangsiapa tidak memiliki ANAK , ia tidak memiliki hidup “(1 Yohanes 5 :11-12) 

Amin…… ???   Amin…… !!!
Terima kasih,Thank you ,Gracias ,Danke,
Epang Gawang (bahasa maumere flores),Matur nuhun……..
Anthony Henriquez,MSc
Penulis Buku “ Orang Tua Asuh”,
Koordinator PPL  WIlayah Utara,
Paroki Santo Alfonsus de Liguori Nandan,
Email:de.bapatoni@gmail.com
HP : 0813 2686 9127



Posting Komentar

0 Komentar