Sosialisasi Panduan Adven 2016


Sosialisasi panduan Adven diadakan di Joglo Antonio, pada senin malam (21/11/16) dengan mengundang perwakilan dari setiap lingkungan di Paroki St Alfonsus Nandan.

“Yesus Kristus Perwujudan Kasih Allah”, merupakan tema pertemuan Adven 2016, dan topik Adven 2016 lebih mengajak mempersiapkan umat semakin memahami dan mendalami Rikas serta Ardas 2016-2020: TERWUJUDNYA BUDAYA/PERADABAN KASIH dalam KELUARGA.

Pada intinya umat KAS diajak pada cita-cita “Umat Allah Keuskupan Agung Semarang sebagai persekutuan paguyuban-paguyuban murid-murid Yesus Kristus dalam bimbingan Roh Kudus bertekad dan bergotong royong memperjuangkan hidup bersama yang sejahtera, bermartabat, beriman, demi terwujudnya peradaban kasih, tanda kehadiran Kerajaan Allah.”

Perspektif visi beriman RIKAS (Rencana Induk Keuskupan Agung Semarang) dan Ardas KAS 2016-2020 :
  1. RIKAS 2016-2035 memberikan tekanan pada dialog dan kerjasama dengan sesama Gereja Katolik, dengan Gereja-Gereja dan agama-agama dan kepercayaan lain, dan dengan semua orang.
  2. RIKAS memberi tekanan pada keterlibatan Gereja di tengah masyarakat, merasakan suka-duka kehidupan masyarakat
  3. Lingkungan sebagai “bagian konkret Gereja, persekutuan umat beriman yang dijiwai semangat persaudaraan injil dan penuh-penuh melibatkan diri dalam masyarakat”

Sapaan kateketis bagi Keluarga :
  1. Paus Fransiskus mengajak bahwa kita memiliki dua “rumah” di mana untuk hidup bersama dan mengalami kehadiran Tuhan: keluarga dan paroki (Laudato Si, Juni 2015)
  2. Keduanya untuk menjaga pintu terbuka lebar untuk menyambut semua orang, sehingga tidak ada yang dikecualikan dari keajaiban persaudaraan
  3. Keluarga dan paroki harus berbagi ikatan ini menjadi “pusat cinta” (pusat dan sumber) ketimbang “pusat ideologis, keuangan dan kekuasaan politik”.
  4. “Harapan kita adalah di pusat cinta, pusat penginjilan, berlimpah dalam kehangatan manusia, berdasarkan solidaritas dan partisipasi serta pengampunan antara kita.”


Pertemuan Adven :
Pertemuan 1
Mengajak membangun keluarga sebagai paguyuban kasih
Tujuan: 
Mengajak umat untuk membangun keluarga sebagai paguyuban yang dilandasi dengan kasih

Pertemuan 2
Mengajak umat mewujudkan keluarga yang inklusif, inovatif dan transformatif dalam hidup berimannya
Tujuan:
Mengajak umat untuk mewujudkan keluarga yang inklusif, inovatif, transformatif

Pertemuan 3
Mengajak keluarga menjadikan lingkungan yang mengangkat dan peduli kesejahteraan dan martabat hidup
Tujuan:
Mengajak umat untuk membangun keluarga yang sejahtera dan bermartabat

Pertemuan 4
Mengajak semua keluarga membangun keluarga yang beriman
Tujuan:
Mengajak semua keluarga untuk membangun keluarga beriman

Posting Komentar

0 Komentar