Kamis Putih Mengenang Perjamuan Tuhan


Perayaan Ekaristi Kamis Puti I
Kamis, 13 April 2017 pukul 17.00 wib
Dipimpin oleh : Rm. Paskalis Bayu Edvra, Pr

Perayaan Ekaristi Kamis Puti II
Kamis, 13 April 2017 pukul 20.00 wib
Dipimpin oleh : Rm. Antonius Dodit Haryono, Pr

Kamis Putih adalah hari pertama dari Tri Hari Suci Paskah. Kamis Putih ini menandai dimulainya Triduum Paskah. Pada hari ini kita merayakan kembali perjamuan Malam Terakhir yang dilakukan Yesus bersama 12 Rasul.

Dalam misa Kamis Putih kita merenungkan 2 hal, yaitu :
  1. Demi cinta kasih Nya, Yesus rela merendahkan diri dengan membasuh kaki para murid.
  2. Demi cinta kasih Nya, dalam ekaristi Yesus memberikan tubuh dan darah Nya agar kita tetap bersatu pada Nya.
Merenungkan Pembasuhan Kaki
Ada banyak cara dalam mengungkapkan Cinta Kasih, seperti orang tua merawat, melindungi dan mendidik anaknya, seperti anak kepada orang tua, dengan menghormati, patuh, belajar dengan giat dan benar, juga seperti pecinta lingkungan yang mengolah sampah, menanam tumbuhan, dll.

Dalam injil Yesus memberikan kasih Nya berupa pembasuhan kaki kepada para muridnya.  Dulu pembasuhan kaki merupakan tugas para hamba kepada tuannya, dan membasuh kaki merupakan pekerjaan yang hina.  Akan tetapi Yesus memberikan hal ini kepada kita semua.  Yesus menunjukkan kepada kita bahwa pekerjaan yang kasar jauh lebih terhormat, dan saat Yesus membasuh kaki, ini menunjukkan bahwa Allah peduli kepada umat Nya.

Yesus mengajak kita untuk merendahkan diri, saling melayani, dan menanggalkan gengsi pribadi masing-masing, "Sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepadamu, supaya kamu juga melakukan seperti yang telah Aku lakukan kepadamu" .#denblangkon


 

Foto yang lain klik disini

Posting Komentar

0 Komentar