MAKNA LAMBANG USKUP AGUNG SEMARANG KE-6 (MGR. ROBERTUS RUBIYATMOKO)


Saudara/i ytk., 
Berikut ini kami sampaikan makna lambang Bapa Uskup Agung kita Mgr Robertus Rubiyatmoko. Mohon doa untuk Bapa Uskup kita agar kebijaksanaan, kesehatan dan kegembiraan dianugerahkan Tuhan kepada Bapa Uskup kita.

*MAKNA LAMBANG USKUP AGUNG SEMARANG KE-6 (MGR. ROBERTUS RUBIYATMOKO)*

Lambang Uskup Agung Robertus Rubiyatmoko adalah perisai yang terbagi menjadi tiga bagian: dua bagian di atas, kiri dan kanan, dan satu bagian besar di bawah. Di bagian atas sebelah kiri, dengan latar belakang biru, adalah sebuah gunung dengan warna putih, dan sebuah bintang bersudut enam berwarna kuning keemasan di atasnya. Gunung ini melambangkan tempat kelahiran beliau, di sebuah daerah pertanian yang subur, dengan pemandangan Gunung Merapi di sebelah utaranya.

Gambar bintang di atas gunung melambangkan Allah, pencipta alam semesta. Di bagian atas sebelah kanan, dengan latar belakang merah, adalah sebuah neraca berwarna kuning keemasan, lambang untuk profesi hukum, yang merupakan bidang keahlian Bapa Uskup Agung.  

Di bagian bawah perisai, dengan latar belakang warna kuning keemasan, adalah Anak Domba Paskah berwarna putih, yang berdiri menghadap ke kiri dengan kepala menoleh ke kanan.  Pada bagian kepala Anak Domba Paskah ini terdapat lingkaran kemuliaan berwarna putih dengan salib merah di tengahnya. Sang Anak Domba mengapit dengan kaki kanan depannya sebuah tiang bendera berujung salib dengan bendera Salib Santo Georgius warna merah di atas kain warna putih. Anak Domba Paskah yang mengapit bendera ini adalah lambang Kristus yang telah mengalahkan maut dan bangkit dengan jaya untuk menyelamatkan umat manusia. Anak Domba yang kudus ini juga adalah lambang iman, ketidakberdosaan, keberanian, kelembutan, kemurnian, dan semangat yang teguh. 

Di atas perisai ditempatkan sebuah galero atau topi khas klerus berwarna hijau, dengan 10 jumbai pada masing-masing sisinya.  Di bagian tengah belakang perisai adalah sebuah salib pancang berwarna kuning keemasan, dengan dua palang mendatar. Galero hijau dengan 10 jumbai berikut salib pancang dengan dua palang mendatar ini merupakan penanda bahwa sang empunya lambang adalah seorang uskup agung. 

Akhirnya, di bagian bawah perisai terdapat pita berwarna kuning keemasan, bertuliskan motto penggembalaan Uskup Agung Robertus Rubiyatmoko dalam Bahasa Latin: *“Quærere et Salvum Facere”, yang artinya “Mencari dan Menyelamatkan” (Luk 19:10)*.***

Syalom dan Berkah Dalem,
Tim Dokumentasi & Publikasi Tahbisan Uskup 2017

Posting Komentar

0 Komentar