Panduan Pendalaman APP 2019 Kategori Remaja

TIM AKSI PUASA PEMBANGUNAN 2019 KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG


Makin Tergerak untuk Berbagi Berkat

(Bahan Pendalaman APP Remaja 2019)

Disusun oleh :
Tim Karya Kepausan Indonesia/ Komisi Karya Misioner
Kevikepan Kedu
2019



KATA PENGANTAR

Masa Prapaskah di tahun 2019 dimulai sejak Hari Rabu Abu, 6 Maret 2019. Selama empat puluh hari masa Prapaskah, seluruh umat kristiani mempersiapkan diri untuk menyambut perayaan Paskah Kebangkitan Tuhan. Dalam masa persiapan ini, umat diajak untuk secara pribadi dan bersama-sama mengolah diri dalam hidup rohani, membuka diri terhadap rahmat belas kasih Allah melalui pertobatan, dan membangun keutamaan kasih dalam wujud belarasa terhadap sesama. Selain itu, menurut Konstitusi Liturgi Suci, Sacrosanctum Concilium art. 109, masa Prapaskah menjadi kesempatan untuk mengenangkan kembali atau menyiapkan Baptis dan membina pertobatan. 

Semenjak tahun 1 970,Gereja Katolik Keuskupan Agung Semarang memulai gerakan Aksi Puasa Pembangunan selama masa Prapaskah. Melalui gerakan ini, seluruh umat diajak untuk bersyukur kepada Allah yang senantiasa berbelas kasih dan memberikan berkat. agar siapa pun dan apa pun dapat (dimampukan untuk) saling menjadi berkat. Selain itu, gerakan ini mengajak umat untuk mewujudkan diri sebagai "insan pembangunan" yang berkeadilan sosial sebagai wujud tanggung jawab menunaikan perutusan membangun Kerajaan Allah. Dalam semangat pertobatan, umat beriman diingatkan kembali untuk senantiasa bertumbuh dalam keutamaan hidup kristiani, mengasah kepekaan sosial dengan tergerak untuk berbelarasa dan memperjuangkan keadilan sosial, terutama bagi saudari-saudara yang menderita dan berkekurangan. 

Agar semangat dasar dari gerakan APP semakin mendarah-daging di tengah umat, bagian awal dari bahan permenungan APP 2019 (dua pertemuan pertama) mengajak umat untuk menggali semangat yang semestinya dihayati selama masa prapaskah dan semangat dasar gerakan APP. Bahan ini disusun untuk mengingat kembali akan makna dan semangat masa Prapaskah sebagai kesempatan retlet agung bagi seluruh umat beriman, sebagai kesempatan mempersiapkan Perayaan Paskah dengan membina pertobatan sejati dan amal kasih kepada sesama. Berbagai informasi mengenai sejarah, tujuan, semangat dasar dari gerakan APP, serta pengelolaan dan pemanfaatan dana APP yang terkumpul semoga dapat menjadi sarana untuk menggerakkan semakin banyak orang untuk peduli dan berbela rasa, agar wajah Allah yang murah hati dan penuh belas kasih dapat dijumpai dan dialami oleh semakin banyak orang.



PERTEMUAN 1
SYUKUR ATAS RAHMAT BELAS KASIH ALLAH

Tujuan : Remaja diajak untuk dapat selalu bersyukur dalam segala hal karena semua itu rahmat dari Kasih Allah untuk kita semuanya.

PEMBUKA

1. Lagu Pembuka : Nabi Nuh


2. Pengantar

  • Menyampaikan tema APP 2019: " Makin Tergerak untuk Berbagi Berkat" 
  • Menyampaikan tentang tema pertemuan: "Syukur Atas Rahmat Belas Kasih Allah" 


3. Doa Pembuka
Diawali dengan tanda salib.
Bapa yang Baik, terima kasih atas rahmat-Mu, kami telah Engkau kumpulkan di tempat ini, untuk bersama-sama mendengarkan firman-mu dan meresapi dalam diri kami. Berkatilah kami agar kami dapat mensyukuri atas segala Rahmat belas kasih-Mu kepada kami. Serta utuslah Roh Kudus-Mu di tengah pertemuan kami ini ya Tuhan. Dalam Nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa.
Amin.

PENDALAMAN IMAN

4. Bacaan Kitab Suci :
Kitab Kejadian 6:13-20; 7:16-20 ; 8:14-17
"Berfirmanlah Allah kepada Nuh: "Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makhluk, sebab bumi telah penuh dengan kekerasan oleh mereka, jadi Aku akan memusnahkan mereka bersama-sama dengan bumi." Buatlah bagimu sebuah bahtera dari kayu gofir; bahtera itu harus kau buat berpetak-petak dan harus kaututup dengan pakal dari luar dan dari dalam. "Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya. "Buatlah atap pada bahtera itu dan selesaikanlah bahtera itu sampai sehasta dari atas, dan pasanglah pintunya pada lambungnya; buatlah bahtera itu bertingkat bawah, tengah dan atas. 17Sebab sesungguhnya Aku akan mendatangkan air bah meliputi bumi untuk memusnahkan segala yang hidup dan bernyawa di kolong langit; segala yang ada di bumi akan mati binasa. "Tetapi dengan engkau Aku akan mengadakan perjanjian-Ku, dan engkau akan masuk ke dalam bahtera itu: engkau bersama-sama dengan anak-anakmu dan isterimu dan isteri anak-anakmu. I9Dan dari segala yang hidup, dari segala makhluk, dari semuanya haruslah engkau bawa satu pasang ke dalam bahtera itu, supaya terpelihara hidupnya bersama-sama dengan engkau; jantan dan betina harus kaubawa. "Dari segala jenis burung dan dari segala jenis hewan, dari segala jenis binatang melata di muka bumi, dari semuanya itu harus datang satu pasang kepadamu, supaya terpelihara hidupnya.

"Dan yang masuk itu adalah jantan dan betina dari segala yang hidup, seperti yang diperintahkan Allah kepada Nuh; lalu TUHAN menutup pintu bahtera itu di belakang Nuh. 17Empat puluh hari lamanya air bah itu meliputi bumi; air itu naik dan mengangkat bahtera itu, sehingga melampung tinggi dari bumi. "Ketika air itu makin bertambah-tambah dan naik dengan hebatnya di atas bumi, terapung-apunglah bahtera itu di muka air. 19Dan air itu sangat hebatnya bertambah-tambah meliputi bumi, dan ditutupinyalah segala gunung tinggi di seluruh kolong langit, "sampai lima belas hasta di atasnya bertambah-tambah air itu, sehingga gunung-gunung ditutupinya.

14Dalam bulan kedua, pada hari yang kedua puluh tujuh bulan itu, bumi telah kering. 15lalu berfirmanlah Allah kepada Nuh: 16"Keluarlah dari bahtera itu, engkau bersama-sama dengan isterimu serta anak-anakmu dan isteri anak-anakmu; 17segala binatang yang bersama-sama dengan engkau, segala yang hidup: burung-burung, hewan dan segala binatang melata yang merayap di bumi, suruhlah keluar bersama-sama dengan engkau, supaya semuanya itu berkeriapan di bumi serta berkembang biak dan bertambah banyak di bumi."
Demikianlah Sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

5. Permenungan
Dalam Permenungan ini pendamping mengajak anak-anak untuk berbagi pengalaman (sharing), apa yang pernah dilakukan atau dialami atas Kasih Tuhan bagi dirinya. Pendamping mengajak anak-anak untuk mendalami, bacaan kitab suci.

  • Dari Kisah Nabi Nuh kita diajak untuk selalu bersyukur atas Belas Kasih Rahmat Tuhan di dalam hidup kita. 
  • Selalu bersyukur karena kita semua ini adalah umat pilihan Tuhan yang diberi kesempatan untuk dapat menikmati Kehidupan ini. 
  • Selalu berbuat baik, menj adi anak Tuhan dalam segala keadaan.
  • Kita ini umat pilihan Tuhan. 

6. Aktivitas Pendalaman "Membuat Kotak APP berbentuk Bahtera"

  • Alat dan bahan: Botol Plastik, Stick Es Cream, isolasi, double tape, kertas lipat, gunting / cutter. 


7. Dana APP
Diedarkan kotak khusus untuk dana APP. Dapat diiringi dengan lagu "Puasa Katolik" atau lagu lain.

8. Doa Permohonan
Para remaja dipersilakan menyampaikan doa permohonan secara spontan dan pribadi yang didahului oleh pendamping.

PENUTUP

9. Doa Penutup
Setelah doa penutup, diakhiri dengan tanda salib.
Bapa yang Maha Kasih. Terima Kasih pada-Mu, hari ini kami boleh berkumpul dan belajar bersama memahami rahmat belas kasih yang sangat istimewa dalam hidup kami. Engkau memberi kami kesempatan untuk dapat hidup berdampingan di dunia ini dengan saudara — saudara kami dan dengan seluruh ciptaan-Mu yang sangat berharga dalam hidup kam. Ajari kami untuk dapat selalu bersyukur atas apa yang kami miliki di dalam Hidup ini. Dan kami tetap terus melanjutkan karya- baik ini bagi keluarga, saudara, teman, dan seluruh ciptaan-Mu. Demi Kristus Tuhan dan Perantara kami. Amin. Amin

10. Lagu Penutup : Numpak Prau Karo Yesus ono Lesus


PERTEMUAN 2
MEMPERJUANGKAN KEKUDUSAN DALAM HIDUP HARIAN


Tujuan : Mengajak teman-teman Remaja untuk selalu setia dan mensyukuri kasih setia Tuhan. Serta terlibat membantu sesama dari hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan dengan kasih.

PEMBUKA

1. Lagu Pembuka : Jalan Serta Yesus



2. Pengantar 
  • Menyampaikan tema umum APP 2019 "Makin Tergerak untuk Berbagi Berkat" 
  • Menyampaikan tentang tema pertemuan keempat "Memperjuangkan Kekudusan dalam Hidup Harian" 
3. Doa Pembuka 
Diawali dengan tanda salib. 
Ya Tuhan, hanya karena rahmat-Mu yang berlimpah, tak henti-hentinya Engkau menghendaki hamba-Mu kami Remaja untuk berkumpul dan bertumbuh berkembang dalam memperjuangkan Kekudusan dalam Hidup keseharian. Bimbinglah kami selalu dalam pendalaman APP ini supaya kami semakin bertumbuh akan iman kami. Amin.

PENDALAMAN IMAN

4. BacaanKitab Suci :
Ayub 1:1,6,9-12,20-22; 2:1, 4-10,42:12-17 
Ada seorang laki-laki di tanah Us bemama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Ia mendapat tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan. Ia memiliki tujuh ribu ekor kambing domba, tiga ribu ekor unta, lima ratus pasang lembu, lima ratus keledai betina dan budak-budak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga orang itu adalah yang terkaya dari semua orang di sebelah timur.Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis. Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah? Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri . itu. Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah segala yang dipunyainya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu." Maka firman TUHAN kepada "Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya." Kemudian pergilah Iblis dari hadapan TUHAN. Lalu membunuh semua anak serta membakar dan menghancurkan segala harta benda ayub segala milik ayub. Maka berdirilah Ayub, lalu mengoyak jubahnya, dan mencukur kepalanya, kemudian sujudlah ia dan menyembah, katanya: "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!" Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dan tidak menuduh Allah berbuat yang kurang patut. 

Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datang juga Iblis untuk menghadap TUHAN.Lalu kata Iblis kepada TUHAN: "Kulit ganti kulit! Orang akan memberikan segala yang dipunyainya ganti nyawanya. Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah tulang dan dagingnya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu." Maka firman TUHAN kepada Iblis: "Nah, ia dalam kuasamu; hanya sayangkan nyawanya." Kemudian Iblis pergi dari hadapan TUHAN, lalu ditimpanya Ayub dengan barah yang busuk dari telapak kakinya sampai ke batu kepalanya.

Lalu Ayub mengambil sekeping beling untuk menggaruk-garuk badannya, sambil duduk di tengah-tengah abu. Maka berkatalah isterinya kepadanya: "Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah Allahmu dan matilah!" Tetapi jawab Ayub kepadanya: "Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk?" Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya. 

TUHAN memberkati Ayub dalam hidupnya yang selanjutnya lebih dari pada dalam hidupnya yang dahulu; ia mendapat empat belas ribu ekor kambing domba, dan enam ribu unta, seribu pasang lembu, dan seribu ekor keledai betina. Ia juga mendapat tujuh orang anak laki-laki dan tiga orang anak perempuan; dan anak perempuan yang pertama diberinya nama Yemima, yang kedua Kezia dan yang ketiga Kerenhapukh. Di seluruh negeri tidak terdapat perempuan yang secantik anak-anak Ayub, dan mereka diberi ayahnya milik pusaka di tengah-tengah saudara-saudaranya laki-laki. Sesudah itu Ayuh masih hidup seratus empat puluh tahun lamanya; ia melihat anak-anaknya dan cucu-cucunya sampai keturunan yang keempat. Maka matilah Ayub, tua dan lanjut umur Demikianlah Sabda Tuhan 
Syukur kepada Allah. 

5. Permenungan 
Menyampaikan kepada Teman-teman Remaja mengenai hal-hal baik yang dilakukan kepada sesama. Baik kepada orang tua, adik atau kakak, saudara, teman ataupun kepada guru. Teman Remaja diajak untuk menceritakan hal-hal baik yang selama ini dilakukan kepada teman, orangtua, saudara ataupun kepada guru. 
Contoh: 
  • Membantu orangtua untuk menjaga adik ketika ayah dan ibu pergi. 
  • Membantu mencuci piring, walaupun hanya mencuci piring yang dia pakai sendiri. 
  • Berbagi bekal kepada teman di sekolah 
  • Membantu teman dalam belajar menghadapi ujian maupun ulangan.
6. Aktivitas Pendalaman : 
Permainan "Aku (...) kamu, yang (...)" 
• Cara bermainnya: 
a. Menyiapkan kursi sejumlah peserta game termasuk pendamping tetapi, dikurangi 1. Misal: jumlah peserta 25orang. Sediakan 24 kursi saja. 
b. Seorang pendamping memulai permainan dengan berkata: " Aku (mencintai, mengasihi, menyayangi) kamu, yang (memakai, menggunakan, membawa)   Contoh: Aku mengasihi kamu, yang menggunakan baju berwarna merah. 
c. Jadi peserta atau remaja dan pendamping yang menggunakan warna merah harus berdiri dan mencari kuri kosong yang lain. Dan yang sebelumnya tidak mendapatkan kursi tersebut boleh mencari kursi yang kosong. 
d. Jika ada yang tidak mendapatkan kursi mereka harus menyampaikan kembali aku berkata: " Aku (mencintai, mengasihi, menyayangi) kamu, yang (memakai, menggunakan, membawa)  
e. Dan diulangi sampai semua anak sudah berpindah tempat. 

7. Dana APP 
Diedarkan kotak khusus untuk dana APP. Dapat diiringi dengan lagu "Puasa Katolik" atau lagu lain. 

8. Doa Permohonan 
Para remaja dipersilakan menyampaikan doa permohonan secara spontan dan pribadi yang didahului oleh pendamping. 

PENUTUP

9. Doa Penutup 
Setelah doa penutup, diakhiri dengan tanda salib. 
Bapa yang Maha Kasih. Terima Kasih pada-Mu, hari ini kami boleh berkumpul kembali dan belajar bersama memahami bahwa kami anak-anak utusan-Mu. Pakailah diri kami untuk dapat menjadi berkat bagi siapapun. Tanpa kami harus pilih-pilih. Ajari kami untuk selalu rendah hati dan selalu bersyukur dan berbuat baik dalam segala kesempatan. Demi Kristus Tuhan dan Perantara kami. Amin

10. Lagu Penutup : Siapa Bintang Misioner



PERTEMUAN 3
MEWUJUDKAN KOMUNITAS KASIH YANG MENYATUKAN DAN MENYEMPURNAKAN

Tujuan : Dalam pertemuan ini, teman Remaja diajak untuk merenungkan tentang panggilan Gereja dalam membangun komunitas kasih murid-murid Kristus. Keutamaan untuk merengkuh dan budaya untuk merawat yang dihayati dalam hidup bersama akan membawa komunitas untuk mengikis budaya membuang serta mau menerima siapa saja dalam kelebihan maupun kekurangannya untuk bersama-sama membangun komunitas kasih yang menyatukan dan menyempurnakan, serta menjadi pionir dan pewarta di tengah masyarakat.

PEMBUKA 

1. Lagu Pembuka : REMAJA BINTANG


2. Pengantar

  • Menyampaikan tema umum APP 2019 "Makin Tergerak untuk Berbagi Berkat" 
  • Menyampaikan tentang tema pertemuan ketiga "Mewujudkan Komunitas Kasih yang Menyatukan dan Menyempurnakan"

3. Doa Pembuka Diawali dengan tanda salib.
Contoh doa pembuka : Allah Bapa, sumber segala kasih, kami mengucap syukur atas penyertaan-Mu sehingga kami dapat berkumpul di tempat ini untuk mendengarkan Firman-Mu dan untuk kami resapi untuk menjadikan kami semakin memahami dan menguatkan kami untuk menjadi pewarta. Di tengah kebinekaan dalam masyarakat luas. Amin.

PENDALAMAN IMAN

4. Bacaan Kitab Suci :
Kisah Para Rasul 11 : 15 — 26
Dan ketika aku mulai berbicara, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, sama seperti dahulu ke atas kita. Maka teringatlah aku akan perkataan Tuhan: Yohanes membaptis dengan air, tetapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus. Jadi jika Allah memberikan karunia-Nya kepada mereka sama seperti kepada kita pada waktu kita mulai percaya kepada Yesus Kristus, bagaimanakah mungkin aku mencegah Dia?" Ketika mereka mendengar hal itu, mereka menjadi tenang, lalu memuliakan Allah, katanya: "Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup." Sementara itu banyak saudara-saudara telah tersebar karena penganiayaan yang timbul sesudah Stefanus dihukum mati. Mereka tersebar sampai ke Fenisia, Siprus dan Antiokhia; namun mereka memberitakan Injil kepada orang Yahudi saja. Akan tetapi di antara mereka ada beberapa orang Siprus dan orang Kirene yang tiba di Antiokhia dan berkata-kata juga kepada orang-orang Yunani dan memberitakan Injil, bahwa Yesus adalah Tuhan. Dan tangan Tuhan menyertai mereka dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan. Maka sampailah kabar tentang mereka itu kepada jemaat di Yerusalem, lalu jemaat itu ' mengutus Bamabas ke Antiokhia. Setelah Bamabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan, karena Bamabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Saulus; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia. Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.
Demikianlah Sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

5. Permenungan

  • Kita di utus menjadi bintang misioner dan membangun komitas gereja di tengah masyarakat. 
  • Melalui bacaan tadi kita diajak untuk menjadi pewarta dan menyatukan di tengah perbedaan. 

6. Aktivitas Pendalamah "MENCARI KATA TERSEMBUNYI"


Remaja diminta mencari 12 kata tersembunyi dari bacaan Kitab Suci yang sudah dibacakan, yang ada pada kolom. Permainan dimainkan dalam kelompok, dan siapa yang paling cepat menemukan 12 kata tersebut, itulah kelompok yang menang.
Cara bermain :

  • Rangkaian huruf dapat tersusun secara mendatar, menurun atau juga berbentuk garis miring. 
  • Untuk membantu menemukan bisa dengan diberi garis/warna. 

Jawaban dalam kotak wama kuning : Fenisia, mati,Anthiokia, Tuhan Allah, Roh kudus, Dia, Yesus, Yerusalem, Yohanes, Kirene, Tarsus.
*Lembar Soal ada di Lampiran

7. Dana APP
Diedarkan kotak khusus untuk dana APP. Dapat diiringi dengan lagu "Puasa Katolik" atau lagu lain.

8. Doa Permohonan
Anak-anak dipersilakan menyampaikan doa permohonan secara spontan dan pribadi yang didahului oleh pendamping.

PENUTUP

9. Doa Penutup
Setelah doa penutup, diakhiri dengan tanda salib seperti pada waktu pembuka.
Contoh doa penutup : Bapa di Dalam Surga, Terima kasih atas penyertaan-Mu dalam kami melakukan pertemuan ini, semoga kami semakin kuat dalam mewartakan firman-Mu di tengah masyarakat ini. Semoga kami semakin kuat dalam menjadi berkat dan terus mendalami firman-Mu. Serta kami dapat menjadi pemersatu di tengah masyarakat ini. Doa yang jauh dari sempurna ini kami panjatkan melalui Yesus Tuhan Kami. Amin.

10. Lagu Penutup : Ut omnes et umnun sin (biarlah mereka menjadi satu)

UT OMNES UNUM SINT



PERTEMUAN 4
MENJADI BERKAT MELALUI GERAKAN AKSI PUASA PEMBANGUNAN (APP)

Tujuan : Mengajak para remaja Katolik untuk terlibat mewujudkan berkat dengan gerakan APP sederhana

PEMBUKA

1. Lagu Pembuka : Berbagi Kerahiman


2. Pengantar

  • Menyampaikan tema umum APP 2019 "Makin Tergerak untuk Berbagi Berkat" 
  • Menyampaikan tentang tema pertemuan keempat "Menj adi Berkat Melalui Gerakan APP"

3. Doa Pembuka
Diawali dengan tanda salib.
Allah Bapa yang penuh kasih, melalui PutraMu, Engkau sungguh mengasihi semua manusia ciptaanMu. Utuslah Roh Kudus-Mu untuk membimbing dan menyertai kami, supaya melalui pertemuan ini kami mampu menemukan kehendakMu. Berkatilah kami, agar mampu mengasihi semua orang, sehingga tercipta hidup sukacita dan damai sejahtera. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

PENDALAMAN IMAN 

4. Bacaan Kitab Suci :
Surat Paulus kepada Titus 3 : 1-9
Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah dan orang-orang yang berkuasa, taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik. Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang. Karena dahulu kita juga hidup dalam kejahilan: tidak taat, sesat, menjadi hamba berbagai-bagai nafsu dan keinginan, hidup dalam kejahatan dan kedengkian, keji, saling membenci. Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia, pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus, yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juru selamat kita, supaya kita, sebagai orang yang dibenarkan oleh kasih karunia-Nya, berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita. Perkataan ini benar dan aku mau supaya engkau dengan yakin menguatkannya, agar mereka yang sudah percaya kepada Allah sungguh-sungguh berusaha melakukan pekerjaan yang baik. Itulah yang baik dan berguna bagi manusia. Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh, persoalan silsilah, percekcokan dan pertengkaran mengenai hukum Taurat, karena semua itu tidak berguna dan sia-sia belaka.
Demikianlah Sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

5. Permenungan

  • Tuhan Yesus telah lebih dahulu mengasihi kita sampai pada pengorbanan yang sungguh luarbiasa hanya untuk menebus dosa-doSa manusia. 
  • Dalam hidup, kita hendaknya meneladan kasih Yesus kepada setiap orang dan mahluk hidup. 
  • Sebagai murid Kristus, kita diajak untuk mampu melakukan pekerjaan atau hal yang baik dan berguna bagi siapa saja, `serta menghindari segala sesuatu yang buruk yang menimbulkan persoalan. 

6. Aktivitas Pendalaman "Gerakan berkat bagi sesama"
Para remaja diajak untuk melakukan aksi atau gerakan nyata dengan tujuan untuk membagi berkat dan kasih kepada sesama. Aksi/gerakan dapat diwujudkan dengan mengunjungi panti asuhan, panti jompo atau berbagi sesuatu yang sederhana kepada mereka yang membutuhkan. Aksi/gerakan juga dapat mengarah ke isu lingkungan, sebagaimana pada saat ini kita ketahui bersama bahwa (salah satunya) sampah plastik yang sudah dianggap overload sampai-sampai ada pemberitaan ikan paus mati karena memakan sampah plastik.

7. Dana APP
Diedarkan kotak khusus untuk dana APP. Dapat diiringi dengan lagu "Puasa Katolik" atau lagu lain.

8. Doa Permohonan
Para remaja dipersilakan menyampaikan doa permohonan secara spontan dan pribadi yang didahului oleh pendamping.

PENUTUP

9. Doa Penutup
Setelah doa penutup, diakhiri dengan tanda salib.
Allah Bapa yang mahabaik, kami bersyukur atas bimbinganMu dalam pertemuan ini. Terima kasih karena Engkau kembali mengingatkan kami bahwa kami ada karena kebesaranMu melalui orang-orang yang ada disekitar kami dan yang kami cintai. Kami bersyukur karena kami boleh berbagi berkat dan kasih kepada orang-orang disekitar kami. Semoga kami semakin mampu membawa berkat bagi sesama dalam hidup kami ini. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa. Amin

10. Lagu Penutup : 2D2K




PERTEMUAN 5
MENSYUKURI PERUTUSAN: SANGGUP MENJADI BERKAT UNTUK SIAPA DAN APA SAJA


Tujuan : Dalam pertemuan terakhir, Teman-teman Remaja diajak duduk bersama, menggagas dan merancang gerakan bersama yang dapat dilakukan sebagai wujud konkret semangat belaras, wujud menjadi berkat untuk siapa saja dan apa saja.

PEMBUKA

1. Lagu Pembuka : Mewartakan Mari Mewartakan



2. Pengantar

  • Menyampaikan tema umum APP 2019 "Makin Tergerak untuk Berbagi Berkat" 
  • Menyampaikan tentang tema pertemuan keempat "Mensyukuri Perutusan: Sanggup menjadi Berkat untuk Siapa dan Apa Saja"

3. Doa Pembuka Diawali dengan tanda salib.
Contoh doa pembuka
Bapa yang Baik, terima kasih atas rahmat-Mu, kami telah Engkau kumpulkan kembali di tempat ini, untuk bersama-sama mendengarkan firman-mu dan meresapi dalam diri kami pada masa pendalaman APP ke 5 ini. Berkatilah kami agar kami dapat mensyukuri atas perutusan ini untuk dapat menjadi berkat untuk siapa dan apa saja. Serta utuslah Roh Kudus-Mu di tengah pertemuan kami ini ya Tuhan. Dalam Nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

PENDALAMAN IMAN

4. Bacaan Kitab Suci :
2 Korintus 1 : 2-6
Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah. Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah. Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kamu; jika kami dihibur, maka hal itu adalah untuk penghiburan kamu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti yang kami derita juga. Demikianlah Sabda Tuhan Syukur kepada Allah.

5. Permenungan

  • Cinta Yesus kepada manusia sungguh luar biasa sampai rela menderita 
  • Dalam suka ataupun duka, Kristus selalu menyertai dan menghibur kita umat manusia 
  • Oleh karena penghiburanNya, kita umat manusia pasti sanggup menghibur dan menyapa sesama kita yang membutuhkan. Ini adalah tugas perutusan kita sebagai murid-Nya untuk menjadi berkat bagi sesama 

6. Aktivitas Pendalaman

  • Teman-teman Remaja di ajak membuat kelompok sejumlah 3-5 orang 
  • Dalam kelompok mereka diajak untuk sharing pengalaman selama mengikuti APP dari pertemuan 1-4 
  • Setelah mereka sharing mereka diajak untuk membuat kreasi menuliskan pengalaman dalam selembar kertas dari pertemuan ke-1, ke-2, ke-3, dan ke-4. 
  • Selanjutnya mereka di ajak untuk menuliskan hal apa yang akan mereka lakukan untuk mereka untuk orang tua, kakak adik, dan Gereja. Misal, mulai sekarang saya akan merapikan kamar sendiri, saya akan membantu merawat tanaman dirumah, saya tidak akan membantah orang tua, dll.


7. Dana APP
Diedarkan kotak khusus untuk dana APP. Dapat diiringi dengan lagu "Puasa Katolik" atau lagu lain.

8. Doa Permohonan
Anak-anak dipersilakan menyampaikan doa permohonan secara spontan dan pribadi yang didahului oleh pendamping.

PENUTUP

9. Doa Penutup
Setelah doa penutup, diakhiri dengan tanda salib seperti pada waktu pembuka.
Contoh doa penutup
Bapa yang Maha Kasih. Terima Kasih pada-Mu, hari ini kami boleh berkumpul dan belajar bersama memahami bahwa kami anak-anak utusan-Mu. Pakailah diri kami untuk dapat menjadi berkat bagi siapapun. Tanpa kami harus pilih-pilih. Ajari kami untuk selalu menjadi pribadi yang rendah hati dan berguna bagi orang lain dan segala ciptaan-Mu di dunia ini. Utuslah Roh Kudus-Mu di dalam hati kami supaya kami dapat menjadi seperti yang Engkau harapkan. Demi Kristus Tuhan dan Perantara kami. Amin.

10. Lagu Penutup : Mari Kita Pergi Kita Diutus Tuhan



Note :
Download Panduan Pendalaman APP 2019 Kategori Anak klik disini
Download Panduan Pendalaman APP 2019 Kategori Remaja klik disini
Video Gerak dan Lagu PIA-PIR klik disini
Minus One Lagu PIA-PIR klik disini

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Politicians recognise this a problem almost unique to America, where guns have overtaken car crashes as the leading cause of death for children and teenagers. But it's a problem that politics seem incapable of solving. Deeply entrenched views on gun control are not changed in response to events like the tragedy in Uvalde. 카지노 커뮤니티

    BalasHapus