‘Jalan-jalan’ untuk Menanti Kehadiran Kristus

Gereja Katolik resmi memasuki masa Adven di penghujung bulan November 2022 ini. Minggu Adven akan berlangsung selama 4 kali yang mana mengajak umat Katolik untuk mempersiapkan diri menantikan kehadiran Kristus.

Pastur Paroki Nandan, Romo Jonathan Billie Cahyo Adi, Pr mengungkapkan bahwa masa adven ini menjadi gambaran umat Katolik yang berjalan-jalan untuk menantikan kehadiran kristus yang menyelamatkan umat manusia.

“Kita semua pernah namanya berjalan-jalan, dan ada aneka rasa perasaan yang kita rasakan. Masa adven inilah yang jadi gambaran bagi kita mengalami proses jalan-jalan untuk menanti kehadiran Kristus yang terlahir menyelamatkan kita,” tegasnya.

Dalam bacaan pun diceritakan kisah mengenai perjalanan. Pada bacaan pertama diceritakan bagaimana kesadaran umat untuk diajak berjalan menuju Gunung Tuhan lewat Nabi Yesaya.

“Perjalanan hidup kita tidak hanya perjalanan fisik, lahiriah, tetapi ada rangkaian perjalanan yang harus dimaknai bagaimana Allah berkarya dalam hidup,” ujarnya.

Makna perjalanan sendiri tak sekedar manusia lahir, tumbuh dewasa, lalu meninggal. Tetapi apa yang dibuat manusia untuk sekitarnya selama hidup dan bagaimana Allah berkarya dalam diri manusia.

“Perjalanan hidup sebagai manusia tidak hanya sekedar manusiawi, tetapi lebih dari itu sebagai perjalanan orang beriman,” katanya.

(Ayusandra Adhitya S. A.)






Foto oleh : Theodorus Dimas Saputra


Posting Komentar

0 Komentar