Berbagi Kasih dalam Aksi Puasa Pembangunan

Bagian dari kegiatan rutin Lingkungan St Cecilia Nandan Griya Idaman Paroki St. Alfonsus Nandan dalam menziarahi Aksi Puasa Pembangunan (APP) adalah berderma. Satu dari tiga kegiatan yang dilakukan pada masa Pra-Paskah  agar pada saatnya kita pantas merayakan Hari Raya Paskah, yaitu bertobat, bermatiraga dan berderma.

APP tahun 2023, Umat Lingkungan St Cecilia NGI mengadakan kegiatan berderma, dengan melakukan Bakti Sosial (Baksos)  ke-3 (tiga) tempat yaitu ke Panti Asuhan Santo Thomas Gunung Kidul, ke Wisma Penebus CSSR Nandan dan Bruderan Caritas Nandan.

 

Pada hari Kamis, 9 Maret 2023, lima belas orang perwakilan umat St Cecilia NGI ditemani Romo Jonathan Bilie Cahyo Adi PR, romo Paroki St. Alfonsus Nandan dengan naik bus melakukan Baksos ke Panti Asuhan Santo Thomas Gunung Kidul. Bus kami, selain mengangkut 15 orang menumpang, membawa juga barang-barang baksos lebih dari 500kg.  Alamat lengkap panti Asuhan ini adalah di Jambu, Jurangjero, Ngawen, Jambu, Jurangjero, Kec. Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55853.

 

Sebelum kami mengunjungi Panti Asuhan Panti Thomas, kami sudah berkonsultasi dengan Sr. Borromea AK. Suster dari kongregasi Abdi Kristus, salah satu suster yang berkarya di panti asuhan ini. Kami berdiskusi untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhannya, dengan tujuan agar apa yang kami bawa benar-benar sesuatu yang memang dibutuhkan. Dan ternyata kebutuhan utamanya adalah beras. Panti Asuhan ini setiap hari membutuhkan beras sekitar 25kg. Selain beras sebanyak 535kg, kami juga membawa telur, bakso, mie, minyak, kecap, dan pakaian baru.

 

Kami diterima dengan baik di Panti Asuhan yang menampung anak-anak yang masih bersekolah di SMP dan SMK ini. Dan setelah kami melihat-lihat kondisi panti asuhan, termasuk melihat kebun bunga, kami pulang dengan membawa buah pisang hasil kebon panti asuhan tersebut.

 

Di hari berikutnya, kami melanjutkan Baksos kami ke Wisma Sang Penebus ( biara CSrR )  bertemu dengan Romo Mali CSSR  dan ke bruderan Caritas Nandan bertemu bruder Yohanes. Dua komunitas ini adalah tetangga gereja kami St. Alfonsus Nandan. Barang-barang bawaan kami bisa dilihat selengkapnya di tabel di bawah ini.

 

Semog hal kecil yang kami lakukan di masa APP 2023 ini berguna bagi saudara-saudara kami di panti Asuhan Santo Thomas, CSSR dan Bruderan Caritas. Dan sebaliknya, semoga berguna juga bagi umat Lingkungan St. Cecilia NGI untuk selalu mengasah kepekaannya terhadap kebutuhan saudara-saudaranya yang membutuhkan.

 

Tuhan memberkati.

(Pambuka Vita Adi)




Posting Komentar

0 Komentar