Persaudaraan Lintas Iman: Dimulai Sejak Dini

Tanggal 10 Desember 2023, PIR Paroki St. Alfonsus Nandan sebanyak 30 Peserta melakukan kunjungan ke Vihara Karangdjati Nandan. Tujuan PIR melakukan kunjungan ini tidak lain adalah untuk membangun persahabatan dan perdamaian dengan umat beragama. Hal ini senada dengan Tema Natal PGI 2023 “Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi”. Damai sejahtera terus diupayakan dan dikonkretkan dengan membangun relasi dengan semakin banyak orang. Dari sejak dini persaudaraan lintas iman ini perlu ditumbuhkan agar mereka dapat berbuah dikemudian hari yakni menciptakan persatuan dan perdamaian yang nyata dan konkret kepada saudara-saudara yang berkeyakinan lain.

Pastor Paroki Nandan Rm. Jonathan Bilie Cahyo Adi sangat mendukung kegiatan positif ini. Hal itu terlihat karena Rm. Bilie dalam kesibukannya dalam pelayanan pastoral, menyempatkan hadir bersama dengan PIR. Dalam sambutannya, Rm. Bilie juga mengajak teman-teman muda Vihara untuk datang dan berkunjung ke Gereja Nandan yang terbuka 24 jam. Artinya Rm. Bilie hendak mengajar kepada kita semua bahwa Gereja bukan hanya tempat ibadah bagi umat Katolik, melainkan sarana membangun persaudaraan lintas iman.

Pendamping PIR, Ibu Janti, mengajak peserta PIR untuk menghayati semangat cinta kasih kepada semakin banyak orang. Dari hal ini PIR Nandan diajak untuk keluar dari zona nyamanya dan melakukan tindakan keluar yakni berdinamika dan melakukan dialog dengan umat berkeyakinan lain. Kunjungan itu diberi tema “Cinta Kasih”. Dari hal itu, PIR dan Remaja Vihara memberikan informasi bagaimana cara cinta kasih itu dikonkretkan sebagai umat beriman. Cinta kasih itu dikonkretkan dalam dinamika ice breaking dan aksi konkret. Dari PIR memberikan Cinta Kasih berupa nyanyian yakni “Persabahan Bagai Kepompong” dan Remaja Vihara mengungkapkan Cinta Kasih itu dengan aski “Fang Shen” (Melepaskan Makhluk Hidup). Cinta kasih ini menjadi perujudan nyata agar semua umat beriman Indonesia semakin bersatu sebagai saudara yang berjalan bersama untuk tujuan mulia yakni bonum communae (Kebaikan Bersama).

Harapanya dari kegiatan ini, PIR Nandan mulai menumbuhkan bibit yang tertanam yakni tentang ajaran kasih dan selalu memperjungankan kedamaian antar umat beragama. Yesus Sang Gembala Sejati telah memberikan teladan kepada kita untuk selalu memberikan kasih kepada siapapun dan dimanapun kita berada. Dengan kunjungan ini, semoga PIR Nandan semakin mengarahkan hidup kepada Sang Gembala Yakni Yesus untuk membangun relasi persaudaraan kasih kepada semakin banyak orang dan dimanapun mereka berada. (A.J.)

Galeri foto: klik di sini

 


Posting Komentar

0 Komentar