HAM 2024: Aku Duta Damai dan Sukacita!

 

Yogyakarta, Paroki Nandan – Minggu (07/01/2024) merayakan Hari Raya Penampakan Tuhan Yesus dan Hari Anak Misioner yang ke-181 dengan tema: Aku Duta Damai dan Sukacita.  Acara ini dibuka dengan perayaan Ekaristi pada pukul 08.00 WIB. Perayaan ini dipimpin oleh Mgr. Robertus Rubiatmoko, Pr dan dibantu oleh beberapa imam konselebran.

Kegiatan ini juga diikuti oleh sekitar 1.000 peserta anak-anak dan remaja dari 22 paroki yang ada di Kevikepan Jogja Timur. Masing-masing paroki mengutus peserta sebanyak 50 orang, selain Paroki Nandan sebagai tuan rumah yang memiliki jumlah sebanyak 150 orang. Selain para peserta HAM dan juga umat, acara ini pun melibatkan biarawan/biarawati khususnya para frater dan suster yang ada di kevipan Jogja Timur.

“Tinggal dalam Kristus dan berbuah: berjalan bersama untuk Formation Iman Berjenjang dan Berkelanjutan (FIBB)” ujar Bapa Uskup Mgr. Rubi.  Selain pendapat ini, Bapa Uskup juga mengajak anak-anak untuk menjadi duta damai dan sukacita. Dalam khotbah juga Bapa Uskup memberikan pertanyaan kepada anak-anak dan mereka yang bisa menjawab pertanyaan itu akan mendapatkan hadiah, berupa; gelang, cincin, rosario, dll.

Setelah perayaan ekaristi dalam rangka merayakan Hari Raya Penampakan Tuhan dan Hari Anak Misioner, acara juga dilanjutkan foto bersama Bapa Uskup dari setiap paroki. Setelah acara foto bersama, anak-anak dipimpin oleh para panitia menuju panggung yang telah disediakan untuk menampilkan yel-yel dari setiap paroki sekaligus pembagian pos yang juga dikoodinir oleh panitia. Ada pun tempat yang digunakan adalah area Paroki Nandan dan halaman sekolah Karitas.

Pos yang disediakan oleh para panitia berjumlah enam. Di setiap pos juga sudah ada para frater dan suster yang siap menjadi pendamping sekaligus pemandu acara yang berupah game hiburan. Ada pun acara yang dilombakan dalam memeriahkan HRPT & HAM adalah yel-yel dan kreativitas papan nama dari setiap paroki. Juara dari lomba kreativitas papan nama Paroki, dimenangkan oleh Paroki St. Mikael-Pangkalan sebagai juara satu, sedangkan juara dua adalah Paroki St. Petrus dan Paulus Minomartani dan juara tiga Paroki Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan. Kemudian juara dari lomba yel-yel dimenangkan oleh Paroki St. Petrus Wonosari sebagai juara satu, St. Yosef Bandung sebagai juara dua, dan juara tiga dimenangkan oleh Hati Kudus Tuhan Yesus Pugeran.

Acara HAM 2024 di Gereja Nandan berakhir dengan suasana ceria dan syahdu karena ditemani hujan deras. Ketika sedang melaksanakan permainan, hujan mengguyur dinamika acara Hari Raya Penampakan Tuhan dan Hari Anak Misioner. Hal itu tidak mematahkan semangat para peserta dan pendamping dari 22 Paroki untuk terus melaksanakan acara tersebut. Beberapa kegiatan dilakukan di dalam ruangan karena hujan turun cukup lama. Acara penutupan yang seharusnya dilaksanakan di depan panggung terbuka dilangsungkan di dalam gereja.



(Tim Jurnalistik PIR Nandan-Lala, Peter, Gaby, Angel, Dea dan Fr. Martin)

Galeri foto: klik di sini

Posting Komentar

0 Komentar