Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus - Penerimaan Komuni Pertama


Warta Paroki. Gereja St Alfonsus Nandan merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus pada hari minggu (03/06/2018). Dalam perayaan ini ada 27 anak yang menerima Sakramen Ekaristi pertama kali.

Anak-anak yang menerima Sakramen Ekaristi telah dipersiapkan cukup lama oleh para katekis di Paroki Nandan dan telah melalui beberapa tahap proses persiapan, antara lain Triduum, Ziarah dan berbagi kasih serta pengakuan dosa.

Misa dipimpin oleh romo Antonius Dodit Haryono, Pr.  Dalam homilinya romo menyampaikan hari ini ada 27 anak yang akan menerima Tubuh dan Darah Kristus.  Tampak yang perempuan menggunakan Mantila. Mantilla adalah tudung atau kerudung yang biasa dipakai perempuan Katolik saat perayaan Ekaristi atau upacara liturgi lain. Pemakaian mantilla pernah diwajibkan dalam Kitab Hukum Kanonik (KHK) 1262. Namun, dalam semangat pembaruan, Gereja tak lagi mewajibkan pemakaian mantilla, tapi juga tidak melarang umat yang hendak memakainya.

Hari ini kita mengantar anak-anak yang akan menerima Komuni Kudus, dan anak-anak ini telah dipersiapkan sekian lama.

Romo Dodit juga menyampaikan Ekaristi menjadi puncak kehidupan, Yesus ingin selalu hadir di tengah kita, dekat dengan kita, bahkan menjadi satu dengan kita. Kristus menghendaki agar kita selalu mengenang-Nya, dengan mengingat kasih-Nya yang terbesar yang diberikan kepada kita, saat Ia memberikan Tubuh dan Darah-Nya untuk menebus dosa-dosa kita. Pengorbanan-Nya yang tak ternilai harganya ini menjadi tanda cinta-Nya yang tak terbatas kepada Gereja-Nya, yaitu kita semua, anggota- anggota Tubuh-Nya. Oleh kuasa Roh Kudus-Nya, Kristus menghadirkan kembali kurban ini di dalam Ekaristi, untuk maksud yang mulia ini: supaya kita dapat dipersatukan dengan Dia dan mengambil bagian di dalam kehidupan-Nya sendiri.*)

Di dalam Ekaristi terkandunglah keseluruhan harta rohani Gereja, yaitu Kristus sendiri, maka Ekaristi disebut sebagai ‘sumber dan puncak kehidupan Kristiani’. 

Galeri foto klik disini


Usai misa, anak-anak Penerima Komuni Pertama bersama orang tua, pendamping, katekis dan romo menuju ke joglo Antonio untuk mengadakan acara syukur.#den blangkon

*)Katolisits.org 
Share on Google Plus

About Paroki Nandan

0 komentar:

Posting Komentar